PT PLN (Persero) Distribusi Banten selain memastikan pasokan listrik yang berkualitas, melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) "PLN Peduli" berkomitmen mendorong pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar mandiri dan berkembang.

PLN Peduli Program Kampung Budidaya hadir di Kelurahan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang menyelenggarakan serangkaian pelatihan pengolahan ikan untuk mendukung kemandirian usaha bagi pelaku UMKM. Hal ini Sejalan dengan "Sustainable Development Goals" 8 (SDGs 8) yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. PLN senantiasa terlibat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Serangkaian program pelatihan olahan dan budidaya ikan yang berlokasi di Saung Lele Gucang Farm.

Kepala Balai Penyuluh Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Ahmad Ghoni dalam keterangannya Selasa, mengungkapkan apresiasi kepada PLN yang telah menginisiasi program pelatihan olahan serta budidaya lele dan ikan air tawar di Kelurahan Tigaraksa.

“Kami mewakili masyarakat Kabupaten Tangerang terutama warga Kelurahan Tigaraksa mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN, lewat PLN Peduli Program Kampung Budidaya Ikan sehingga bisa tercipta sebuah kampung yang berfokus pada pembudidayaan ikan khususnya jenis ikan lele dan diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat", kata Ahmad Ghoni. 

Baca juga: PLN Banten pasok listrik 115.000 kVA ke PT Lotte Chemical Indonesia

Senada dengan hal tersebut Ketua Pelaksana Kampung Budidaya Gucang Farm, Agus Setiawan menyampaikan harapan ke depan atas terlaksananya Program Pelatihan Budidaya Ikan ini bisa menciptakan dan mendorong UMKM usaha ikan di masyarakat Kelurahan Tigaraksa, sehingga bisa membuka peluang usaha dan pekerjaan.

“Melalui program pelatihan pengolahan ikan dari PLN ini, kami berharap kedepan masyarakat yang menerima manfaat pelatihan ini bisa mengembangkan usaha tersebut dan bisa menjadi nilai tambah ekonomi buat masyarakat kami, terima kasih PLN.” ungkap Agus.

Dalam kesempatan yang berbeda General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis menjelaskan bantuan PLN Peduli Kampung Budidaya berfokus pada Masyarakat Kelurahan Tigaraksa, Kelompok muda untuk pembudidaya ikan serta ibu-ibu pelaku UMKM.

“Bantuan yang kami berikan berupa pelatihan budidaya ikan dan pengadaan peralatan budidaya seperti mesin produksi pakan sekaligus bibit ikan lele untuk dibudidayakan, bangunan toilet, gudang, pompa air serta peralatan produksi UMKM Olahan Ikan. Selain pemberian bantuan, PLN senantiasa melakukan pendampingan kepada para masyarakat terkait kendala yang dihadapi dalam budidaya ikan lele ini sehingga nantinya mereka berhasil sampai dengan masa panen ikan tersebut,” papar Abdul Mukhlis.

Baca juga: PLN Banten tanam pohon produktif di 13 titik lokasi
Baca juga: PLN Banten gelar pelatihan konversi motor listrik, dukung transisi energi

 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023