Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris menjelaskan hasil dari kunjungan kerja ke Kota Tangerang yakni adanya kebutuhan perbaikan sarana prasarana, fasilitas alat kesehatan (alkes), serta tenaga medis, yang dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Melalui pertemuan hari ini, kami mendapatkan informasi berharga yang nantinya akan kami bahas dan koordinasikan dengan kementerian terkait," kata Charles usai melakukan kunjungan kerja ke Kota Tangerang, Rabu.

Ia menambahkan kunjungan kerja spesifik yang dilakukan adalah untuk melihat dan mengetahui komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam melayani masyarakat di bidang pelayanan kesehatan.

"Kami semua ingin mengetahui bagaimana layanan primer di Kota Tangerang ini berjalan dan apa saja tantangannya. Ketika ada aspirasi bisa kami sampaikan," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang meraih penghargaan kota sehat dari Kemenkes

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman mengatakan telah menyampaikan beberapa aspirasi terkait permasalahan program beserta inovasi dari Dinas Kesehatan

Dengan adanya kunjungan langsung dari Komisi IX DPR RI, Herman berharap mulai dari sarana prasarana, ketersediaan alat-alat kesehatan, hingga perhatian untuk tenaga kesehatan, dapat segera ditingkatkan.

"Ini merupakan kesempatan bagi kami untuk berbagi informasi, pengalaman, dan capaian, dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik primer," katanya.

Herman juga menerangkan Pemkot Tangerang telah menghadirkan berbagai program yang berorientasi pada terwujudnya kesehatan bagi masyarakat, salah satu program unggulan berfokus pada integrasi pelayanan kesehatan melalui pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Pembangunan RSUD Kota Tangerang, lanjutnya, bertujuan meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat kota itu. Selain itu pihaknya juga memberdayakan posyandu dan meningkatkan kapasitas 39 puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan, serta dukungan fasilitas kesehatan dari 32 rumah sakit swasta.

Baca juga: Tekan Biaya Kesehatan, Legislator Fathan Subchi Dorong Pajak Pengadaan Alkes Dikecualikan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023