Pemerintah Kota Tangerang terus melakukan pemutakhiran data penerima bantuan sosial agar bantuan yang diberikan dapat tersalurkan tepat sasaran.

“Pastikan data masyarakat yang akan menerima bansos tervalidasi dan akurat,” kata Wakil Wali Kota Sachrudin pada acara Forum Konsultasi Publik (FKP) di Aula Kecamatan Periuk, Rabu.

Ia juga meminta seluruh pihak dan juga masyarakat turut memantau proses penyaluran bansos tersebut agar tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Diharapkan kerja sama dari seluruh pihak, mampu mengatasi kondisi masyarakat yang masih membutuhkan uluran tangan kita semua,” ujarnya.

Baca juga: Dinsos Kota Tangerang salurkan bansos pada 13.816 penerima manfaat

Kepala Dinsos Kota Tangerang, Mulyani mengajak masyarakat yang terdaftar pada program penerima bantuan sosial dapat memanfaatkan program aplikasi Satu Data Indonesia (SDI) untuk mengecek data yang dibutuhkan

"Banyak data yang dapat bisa dilihat dari pemanfaatan NIK dalam setiap pelayanan kesehatan, bantuan, perlindungan sosial hingga aplikasi Tangerang LIVE untuk masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, aplikasi tersebut sejalan dengan konsep smart city dan smart government yang diterapkan oleh Kota Tangerang. Sehingga data milik masyarakat terpusat pada satu data.

Mulyani juga menambahkan saat ini pihaknya masih dan terus melakukan pengolahan data bansos yang dilakukan para pekerja sosial masyarakat (PSM), tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan lainnya.

“Saat ini, kami terus melakukan pengolahan data, pengumpulan data, validasi data, sampai pada penyaluran Bansos sesuai data,” kata dia.

Baca juga: Pemkot Tangerang buka pendaftaran bansos ke perguruan tinggi.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023