Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso tertarik untuk mengadopsi implementasi aplikasi smart city Kota Tangerang diantaranya super apps Tangerang LIVE dan Portal Egov. 

"Selama di Singapura mengikuti kegiatan Diklat Lemhanas bersama, kalo kita lihat memang ternyata sudah banyak juga yang dilakukan di Singapura itu telah dilakukan di Kota Tangerang. Jadi Best Practice-nya sudah beliau jalankan," kata Bupati Poso, dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang usai penandatanganan kerjasama di Tangerang, Selasa.

Verna, yang juga merupakan peserta Kursus Pemantapan Pimpinan Daerah (KPPD) yang diselenggarakan oleh Lemhanas turut memuji berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Arief R. Wismansyah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

"Makanya tidak heran beliau ini selama diklat selalu terdepan. Makanya kami ingin belajar banyak dari beliau terutama tentang penerapan super apps Tangerang Live yang tentunya kita acungi jempol dan akan kita terapkan dan adopsi di Kabupaten Poso bersama dengan aplikasi SIMASN dan juga LAKSA," katanya.

Baca juga: Rokan Hulu tertarik terapkan super apps Tangerang LIVE
Baca juga: Pemkot Tangerang luncurkan aplikasi daftar bansos perguruan tinggi

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan Pemerintah Kota Tangerang telah mengembangkan smart government dan e-city ini melalui super apps Tangerang Live.

"Semuanya telah terintegrasi dengan berbagai macam modul layanan dengan aplikasi yang dapat diakses oleh masyarakat Kota Tangerang," kata dia.

Adapun hingga saat ini daerah yang telah mengadopsi aplikasi milik Pemkot Tangerang yaitu sebanyak 47 yang terdiri dari kabupaten, kota dan provinsi di Indonesia.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti mengungkapkan Pemkot Tangerang telah memiliki 222 aplikasi yang dapat direplikasi. 

“Kabupaten Poso merupakan kabupaten dan kota ke 47 yang datang melakukan MoU dan mereplikasi kemajuan aplikasi yang dimiliki Kota Tangerang. Pemkot Tangerang siap memberikan apa yang dibutuhkan Kabupaten Poso, dan semoga aplikasi atau ilmu yang diambil di Kota Tangerang dapat mendukung kemajuan Kabupaten Poso,” katanya.

Baca juga: KIM Ketapang buat aplikasi info layanan kesehatan hingga bantuan hukum
Baca juga: Pemanfaatan teknologi permudah pelayanan publik di Kota Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023