DPRD Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, tertarik dengan pengembangan super apps Tangerang LIVE milik Pemkot Tangerang Banten dan berencana akan menerapkannya.

"Kami sudah mengunjungi kota/kabupaten lainnya, namun di Kota Tangerang sudah sangat baik, sudah banyak di tiru, dan kami rencananya akan berkoordinasi dengan Pemkab Rokan Hulu terkait penerapan ini. Di sana jaringan serta alatnya masih belum memadai," kata Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Rokan Hulu, Nono Patria Pratama saat mengunjungi Puspemkot Tangerang, Kamis.

Nono juga menyampaikan kunjungan kerja ini untuk mengetahui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkup Pemkot Tangerang yang dikelola oleh Diskominfo, yang sebagai salah satu penyelenggara terbaik di Indonesia.

"Kami tertarik bagaimana Kota Tangerang menerapkan SPBE dengan sangat baik. Apalagi Dinas Kominfo merupakan mata Wali Kota Tangerang dalam melihat data dan bagaimana penerapan program bisa berjalan. Sehingga nantinya bisa kami terapkan di wilayah Kabupaten Rokan Hulu," katanya.

Baca juga: Catat, bukti bayar pajak bisa dicek di aplikasi "Tangerang LIVE"

Dalam kunjungan kerja tersebut dia juga melihat langsung berbagai terobosan yang selama ini dihasilkan Dinas Kominfo Kota Tangerang seperti pengembangan super apps Tangerang LIVE, Portal E-GOV, Tangerang Satu Data dan Satu Peta yang sudah terintegrasi dengan baik. "Aplikasi itu digunakan tak hanya oleh ASN, namun juga oleh masyarakat," katanya.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti, mengungkapkan 213 aplikasi yang dimiliki Kota Tangerang sudah banyak direplikasi oleh Kota/Kabupaten lainnya. Pihaknya sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin melakukan studi tiru terkait SPBE di Kota Tangerang.

"Sesuai dengan arahan Wali Kota Tangerang, bahwa Kota Tangerang akan berkontribusi untuk Indonesia dengan membantu dalam menerapkan SPBE di wilayah lainnya di Indonesia secara gratis. Alhamdulillah, sebanyak 40 Kota/Kabupaten sudah melakukan replikasi," ujar Indri.

Baca juga: Aplikasi Pujangga pengadilan agama sekarang terintegrasi di Tangerang LIVE
Baca juga: Kepala OPD didorong buat inovasi pembayaran pajak digital

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023