Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten menargetkan sebanyak 400 tenaga kesehatan (nakes) di daerah itu mendapat vaksinasi hepatitis-B.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Achmad Muchlis di Tangerang, Jumat, mengatakan targetkan vaksin tersebut merupakan upaya mencegah penyebaran penyakit hepatitis dan nantinya diharapkan para tenaga kesehatan yang rentan bisa memiliki kekebalan tubuh terhadap Hepatitis.

"Saat ini tenaga kesehatan dan tenaga medis kita secara simbolis 20 orang untuk divaksinasi, dan nanti secara bertahap akan terus diberikan vaksinasi," katanya.

Baca juga: 15 ribu nakes di Banten segera mendapat vaksin Hepatitis-B

Ia menyebutkan, dari targetkan sebanyak 400 nakes yang akan diberikan imunisasi hepatitis-B itu dilakukan secara bertahap dengan dimulai pada 8 November 2023 hingga Maret 2024.

"Di RSUD Tangerang sendiri menjadi tempat pencanangan secara bertahap, kami laksanakan hingga Maret 2024," ujarnya

Sementara itu, sebanyak 541.243 para tenaga kesehatan tersebut masuk dalam program pemberian imunisasi hepatitis-B oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan imunisasi hepatitis-B bagi tenaga kesehatan tersebut diberikan di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Tangerang.

Menurutnya kegiatan imunisasi hepatitis-B tersebut diikuti oleh delapan provinsi yang ada di Indonesia, diantaranya Provinsi Banten, Kalimantan Selatan, Bali, Lampung, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, Papua Selatan dan Jawa Tengah.

"Untuk itu, kita mulai pencanangan imunisasi hepatitis B untuk tenaga kesehatan dan tenaga medis," pungkas dia.

Baca juga: Menkes Budi Gunadi jalani vaksinasi hepatitis perdana di RSUD Tangerang
Baca juga: Pemkab Tangerang tunggu alokasi vaksin cacar monyet


Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023