Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang, Polda Banten, tengah meningkatkan kewaspadaan secara dini dari ancaman terorisme terhadap keamanan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 atas efek global seperti perang Israel-Palestina.

"Sesuai dengan arahan Pak Kapolri terkait dengan efek global perang Palestina-Israel, Tentu kami (Polresta Tangerang) tengah meningkatkan kewaspadaan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa," kata Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan langkah antisipasi dini atas kemunculan aksi terorisme ini dilakukan sebagai memberikan pengamanan selama masa tahapan Pemilu 2024 yang sedang berjalan saat ini dengan kondisi dan situasi global terjadi perang antara Israel dengan Palestina.

Oleh sebab itu, kata dia, jajaran Polresta Tangerang akan melaksanakan operasi pengamanan, termasuk pengamanan terhadap berbagai aksi teror yang mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat sekitar.

Baca juga: Pria Tangerang diamankan polisi setelah hina pendukung Palestina

Selain itu, kata Sigit, pihaknya juga telah mempersiapkan diri dalam mengantisipasi dengan tindakan yang tepat sesuai prosedur terhadap berbagai ancaman kejahatan dan keamanan.

"Dengan demikian selama ini kerja sama kami bersama pemerintah daerah, TNI, BNPT, Densus88 Anti Teror serta Mantan Napiter sudah berjalan baik. Dan sejauh ini kondisi berjalan aman, namun kita tetap menjaga kewaspadaan," ujarnya.

Ia mengungkapkan terkait pengamanan selama masa Pemilu, pihak kepolisian juga sudah mengambil langkah-langkah strategis dengan membentuk tim khusus melalui operasi Mantap Brata 2023-2024.

"Untuk pengamanan Pemilu kita sudah tersusun secara terstruktur pada operasi Mantap Brata. Sementara untuk tim pembentukan khusus kita akan mengikuti arahan Kapolri, tetapi kalau tim Siber, tim patroli itu sudah ada dan kami terus tingkatkan kemampuannya," pungkas dia.

Baca juga: Kapolres Metro Tangerang Kota cek kesiapan 1.408 personel
Baca juga: Kompolnas terlibat dalam pengawasan Operasi Mantap Brata 2023-2024

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023