Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menggelar Job Fair 2023 sebagai upaya mengurangi angka pengangguran di Banten, yang digelar di halaman Masjid Raya Al Bantani, Curug, Kota Serang, Banten sejak Rabu (25/10). 
 
Pj Gubernur Banten Al Muktabar, di Serang, Banten, Kamis, mengatakan, Job Fair 2023 ini merupakan rangkaian agenda HUT Ke-23 Provinsi Banten. Dan kegiatan ini bagian dari upaya untuk mengurangi angka pengangguran. 
 
"Ini sebagai langkah Pemprov Banten dalam memfasilitasi perusahaan dan para pencari kerja," katanya. 

Baca juga: Disnaker Lebak maksimalkan investor lokal untuk tekan pengangguran
 
Adapun perusahaan yang terlibat dalam kegiatan tersebut merupakan perusahaan yang ada di Provinsi Banten, baik yang bergerak pada bidang jasa, kimia dasar, logam, plastik dan lainnya. Serta dari Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang memberikan informasi terkait lapangan pekerjaan untuk ke luar negeri. 
 
"Ini juga menjadi momen kita melakukan link and match sistem pendidikan vokasi kita yang disesuaikan dengan lapangan pekerjaan, mudah-mudahan ini menjadi langkah kita dalam mengurangi angka pengangguran," lanjutnya. 
 
Al juga menyampaikan, saat ini pihaknya terus mendorong hilirisasi industri. Harapannya langkah itu dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. 
 
"Hilirisasi juga membuka peluang lapangan pekerjaan, sehingga hulu dan hilir itu kita penting menjadi perhatian bersama," jelasnya. 

Baca juga: Disnakertrans Serang gelar bursa kerja di Universitas Faletehan
 
Sementara itu, Kepala Disnakertrans Provinsi Banten Septo Kalnadi mengatakan, Job Fair tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai dari 25-26 Oktober 2023 yang melibatkan 53 perusahaan yang ada di Provinsi Banten. 
 
"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan kesempatan yang luas bagi masyarakat dalam mencari pekerjaan," ujarnya. 
 
Disampaikan, pada hari pertama Job Fair 2023 tersebut terdapat 5.469 orang yang telah mendaftar secara online. Pada hari kedua jumlah pelamar diprediksi masih akan terjadi penambahan pendaftaran. 
 
"Dalam proses administrasi Job Fair ini kita lakukan secara digitalisasi. Kita berharap pada job fair ini dapat menyerap tenaga kerja kurang lebih 5.000 orang termasuk peluang kerja ke luar Negeri," katanya. 
 
Ia juga mengatakan, kegiatan Job Fair ini juga dilakukan secara berjenjang oleh Kabupaten dan Kota di Banten.

Baca juga: Tekan pengangguran, Pemkab Serang gelar Job Fair

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023