Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk memanfaatkan program pelatihan vokasi dan pelatihan berbasis kerja, kerja sama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Austria.

Asisten Daerah (Asda) III Kota Serang, Kusna Ramdhani di Serang Banten, Rabu, mengatakan, akan menyiapkan SDM yang ada di Kota Serang dari siswa lulusan SMA atau SMK yang membutuhkan pelatihan kerja dan dapat langsung penempatan kerja.
 
"Dengan adanya kerjasama ini kita juga bisa kolaborasi dengan balai kerja disini, kita akan siapkan SDM nya lulusan SMA atau SMK biar mereka siap bekerja," katanya.

Baca juga: RI-Austria pererat kerja sama pelatihan vokasi lewat BBPVP Serang
 
Kusna mengatakan, Pemkot Serang akan ada program yang akan dijalankan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang, terkait pemanfaatan program pelatihan vokasi dan pelatihan berbasis kerja.
 
"Nanti ada dari program dari disnaker untuk pelatihan di BBVP, karena dari perusahaan-perusahaannya yang sudah bekerja sama tadi itu memang berada di Kabupaten Serang semua. Karena Kota Serang ini hanya menjadi tempat singgah saja," katanya.
 
Kusna mengatakan, BBPVP Serang ini memang menampung masyarakat dari berbagai daerah, khususnya Kabupaten Serang dan Kota Serang, untuk mendapatkan pelatihan kerja yang nantinya ditempatkan di berbagai perusahaan.
 
"BBPVP ini mencakup untuk seluruh kota dan kabupaten. Dari mana saja diperbolehkan pelatihan disini, maka kita juga akan mengirimkan anak-anak muda yang ingin mendapatkan pelatihan kerja dan siap untuk ditempatkan kerja," katanya.
 
Sebelumnya, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah bersama Pemerintah Austria melakukan kerja sama serta memberikan bantuan kepada Indonesia untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja melalui Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) di empat lokasi, di antaranya BBPVP Serang.
 
Baca juga: Perumda Tirta Al Bantani Serang sediakan pelayanan berbasis aplikasi

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023