Akademisi yang juga dosen Pendidikan Agama Islam Universitas Latansa Mashiro Rangkasbitung Mochamad Husen menilai Mahfud MD sebagai kader Nahdlatul Ulama akan mendongkrak perolehan suara cukup signifikan dari kaum Nahdliyin, terutama di tempat kelahirannya di Jawa Timur .

"Sebagai muslim dari ormas besar, kami meyakini Mahfud MD yang mendampingi Ganjar bisa mendongkrak suara dan berpeluang untuk memenangkan Pilpres 2024 dengan satu putaran," kata mantan anggota DPRD Lebak itu di Lebak, Rabu.
 
Menurut dia, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sangat tepat memilih Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 
"Kita melihat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD sangat ideal untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik," kata Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Latansa Mashiro Rangkasbitung itu.

Baca juga: Mahfud MD ditunjuk jadi bacawapres Ganjar Prabowo
 
Pilihan Megawati terhadap Mahfud sebagai cawapres mendampingi capres Ganjar sangat rasional, karena PDI Perjuangan memiliki pengalaman agar partainya tidak kalah.

Bahkan, PDI Perjuangan selalu sebagai partai pemenang pada Pilpres tahun - tahun sebelumnya. Karena itu, pilihan Megawati pada sosok Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sangat tepat karena Mahfud MD memiliki keunggulan.
 
Selain pengalaman di bidang pemerintahan, legislatif, akademisi, profesor, tegas, dekat dengan rakyat, religius, sederhana, Mahfud MD juga tidak memiliki catatan korupsi dan bahkan pernah menjadi politikus yang memiliki integritas.
 
"Penggemar dan simpatisan Mahfud MD juga banyak dari kalangan ulama, santri, mahasiswa, pengusaha, dan berbagai organisasi kemasyarakatan. Jadi, kemungkinan Mahfud memberikan elektoral suara cukup besar pada capres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024, terutama suara kalangan akademisi, milenial, masyarakat berbagai profesi hingga para buruh," katanya.

Baca juga: Ingin lanjutkan perjuangan, Mahfud sowan ke Wapres Ma'ruf Amin
 
Ia menilai, keberhasilan Mahfud MD patut diapresiasi ketika menjabat menteri pertahanan, ketua Mahkamah Konstitusi, menteri koordinator bidang Polhukam, telah menelurkan berbagai kebijakan dan dobrakan kebuntuan persoalan hukum.
 
Pada pemerintahan Pak Jokowi, Mahfud MD juga melakukan dobrakan, mengawal penuntasan kasus dari mulai dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia yang dikucurkan Bank Indonesia kepada bank umum pada saat krisis moneter 1998 dengan jumlah sekitar Rp144 triliun.
 
Selain itu juga kasus Sambo, tragedi Stadion Kanjuruhan, kasus korupsi dan kasus hukum lainnya. "Kami meyakini Mahfud MD bisa menuntaskan kebuntuan berbagai persoalan bangsa itu mulai krisis ekonomi, penegakan hukum, korupsi hingga pengangguran," kata Husen.

Baca juga: Puan tawari Gibran masuk tim pemenangan Ganjar-Mahfud MD

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023