Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Banten menyediakan 300 pohon cabai dan 150 ikan nila yang diberikan kepada warga secara gratis di momen peluncuran Gerakan Pangan Murah (GPM) secara serentak di seluruh Indonesia.

"Kita juga menggelar vaksinasi rabies gratis bagi 50 ekor hewan pada momen ini," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Muhdorun usai mengikuti acara peluncuran Gerakan Pangan Murah (GPM) secara daring di Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Senin.

Perlu diketahui Badan Pangan Nasional (Bapanas) meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) secara serentak di 421 titik, 38 Provinsi dan 262 kabupaten kota untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Baca juga: Pemanfaatan teknologi permudah pelayanan publik di Kota Tangerang

Pada momen GMP ini, masyarakat dapat berbelanja kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau. Mulai dari beras, minyak goreng, gula pasir, telur, sayur mayur hingga frozen food. 

Beras Medium 5 kilogram dijual dengan harga Rp52 ribu, ayam seekor Rp32 ribu, daging sapi Rp92 ribu, hingga beragam sayur mayur hidroponik hasil panen KWT yang dijual mulai Rp5 ribuan per ikatnya.

"Kegiatan ini merupakan dukungan penuh untuk melakukan pengendalian harga komoditas pangan secara serentak se-Nasional. Walau sebelumnya, sepanjang September Pemkot Tangerang telah menggelar Gerakan Pangan Murah di 40 kelurahan di Kota Tangerang," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi ke Beijing dan Riyadh bahas investasi hingga pangan

Ia menambahkan stok pangan di Kota Tangerang dalam kondisi baik dan dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

"Masyarakat diimbau untuk tidak perlu khawatir mengenai stok pangan atau pun beras. Lakukan aktivitas berbelanja sesuai kebutuhan atau sewajarnya, dan tidak menimbun bahan pangan,” katanya.

Kepala Bulog Tangerang, Omar Syarif menuturkan Bulog terus bersinergi dengan Pemkot Tangerang untuk mensuplai kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang jauh lebih murah dibanding pasaran. 

“Masyarakat tak perlu khawatir dengan harga beras yang saat ini masih tinggi. Bisa memanfaatkan beras SPHP milik Bulog dengan harga Rp52 ribu per lima kilonya. Selain bisa dijangkau diberbagai agenda Gelar Pangan Murah, Bulog juga terus mendistribusikan beras SPHP di 60 toko beras di Kota Tangerang, baik itu di pasar maupun toko beras permukiman,” katanya. 


Baca juga: 22 klub ikuti Kejurda Voli Banten untuk lolos ke kejurnas



 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023