Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang, Banten, menyebutkan pengumpulan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) pada Januari hingga bulan September 2023 sebesar Rp13,9 miliar dari target Rp15 miliar.

Ketua Baznas Kota Tangerang KH Aslie Khusaeri di Tangerang, Kamis, mengatakan ZIS yang terkumpul terdiri dari Rp10,5 miliar dana zakat dan Rp3,5 miliar dana infak yang diterima dari 108.792 muzaki.

Sedangkan untuk penyaluran dana per September untuk zakat dan infak sebesar Rp12,5 miliar yang diberikan kepada 24.659 mustahik.

"Melihat data saat ini, rasio penyaluran sudah mencapai 90 persen dari dana yang terkumpul. Angka ini lebih besar yang ditetapkan Baznas sebesar 80 persen," ujarnya.

Baca juga: MUI-Baznas Tangerang kerjasama beasiswa pendidikan kader ulama

Ia menambahkan penyaluran ZIS oleh Baznas kepada mustahik mengikuti program yang dijalankan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang karena memiliki tujuan sama yakni meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Semoga kedepannya peran Baznas akan lebih besar lagi dalam membantu Pemkot Tangerang mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujarnya

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan ZIS dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi permasalahan-permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat.

Oleh karena itu ia ingin penghimpunan dan penyaluran ZIS dapat lebih dioptimalkan agar dapat mewujudkan kesejahteraan dalam masyarakat.

"Hal ini merupakan langkah penting untuk mengoptimalkan peran lembaga ini dalam mengatasi masalah sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, kolaborasi yang kuat antar lembaga, baik pemerintah, Baznas, maupun mitra-mitra lainnya, adalah kunci keberhasilan kita dalam memaksimalkan dampak positif dari dana ZIS yang dihimpun," katanya.

Baca juga: Bupati Serang harap Baznas optimalkan pengumpulan ZIS
Baca juga: Baznas Tangerang galang dana untuk korban gempa Maroko

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023