Tim Seleksi (Timsel) menerima sebanyak 185 berkas pendaftaran calon anggota KPU Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Tangerang yang resmi ditutup pada 13 September 2023 pukul 23.59 WIB. 
 
Anggota Timsel Agus Supadmo di Serang, Banten, Kamis, mengatakan, tercatat sebanyak 384 pendaftar yang melakukan pendaftaran di  Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) namun hanya 185 pendaftar yang menyerahkan dokumen fisik ke sekretariat Timsel. 
 
"Yang menyerahkan dokumen fisik hanya 185 pendaftar diantaranya 168 laki-laki dan 17 perempuan yang meliputi KPU Kota Serang, Kabupaten Serang dan KPU Kota Tangerang," katanya. 

Baca juga: Tim seleksi buka pendaftaran calon anggota KPU tiga daerah di Banten
 
Agus mengatakan setelah ini akan dilakukan proses seleksi administrasi untuk menetapkan sebanyak-banyaknya 20 kali kebutuhan. Selanjutnya akan masuk ke tes tulis berbasis komputer dan psikotes untuk disaring menjadi empat kali kebutuhan setelah itu dilanjutkan ke tes wawancara dan kesehatan menuju ke 10 besar atau dua kali kebutuhan. 
 
"Yang diemban amanahnya oleh Timsel itu sampai 10 besar setelah itu disampaikan ke KPU RI," katanya. 
 
Ia mengatakan, untuk di hari-hari terakhir pendaftaran sempat mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Peningkatan mulai terjadi sejak tanggal 9 sampai 13 September 2023. 
 
"Kalau mulai banyak itu H-3, satu hari kalau rata-rata 20-30 pendaftar. Sebenarnya peningkatan mulai terjadi itu dari hari Sabtu 9 September nya," katanya. 
 
Agus mengatakan, dalam prosesnya Timsel harus memperhatikan keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30 persen. Namun apabila kurang dari 30 persen proses seleksi itu tetap bisa berjalan. 
 
"Timsel kan tidak bisa memaksakan keterwakilan perempuan 30 persen, sosialisasi sudah kita lakukan melalui berbagai media, dibantu juga oleh KPU Kabupaten dan Kota untuk memaksimalkan pendaftar," katanya.

Baca juga: Timsel KPU Banten targetkan 30 persen keterwakilan perempuan terpenuhi

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023