PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten sukses amankan pasokan listrik selama kunjungan kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Sekretaris Kabinet, Pramono Anung dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia di Kota Cilegon, Banten pada Selasa, 12 September 2023. 

Adapun agenda kunjungan kerja Presiden tersebut diantaranya meninjau pembangunan area industri dan fasilitas pendukung di PT. Lotte Chemical Indonesia (LCI), menyerahkan bantuan pangan di Kecamatan Jombang, Kota Cilegon serta pengecekan harga dan stok kebutuhan pokok di Pasar Kranggot.

General Manager PT PLN (Persero) UID Banten, Abdul Mukhlis mengungkapkan dalam upaya menyukseskan kegiatan kenegaraan ini PLN UID Banten telah menyediakan suplai listrik dengan pengamanan berlapis pada lokasi-lokasi yang menjadi pusat kunjungan. Petugas PLN siap siaga di tiga (3) titik lokasi kunjungan untuk memastikan kondisi kelistrikan aman dan handal mulai dari persiapan hingga kegiatan selesai diselenggarakan. 

Baca juga: PLN , Kementerian LHK dan Pemkot Tangerang lakukan aksi tanam pohon bersama

“Dalam upaya menghadirkan listrik yang andal pada kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia di Kota Cilegon, Banten, kami telah memastikan infrastruktur kelistrikan aman dan menerapkan SOP _(Standard Operating Procedure)_ khusus guna memastikan suplai listrik andal tanpa kedip. Kami menyiapkan pasokan listrik andal melalui penyulang utama PLN,” ujar Abdul Mukhlis dalam keterangan tertulis, Rabu (13/9/2023).

Selanjutnya Abdul Mukhlis menambahkan PLN UID Banten juga menyiapkan skema _back-up_ pasokan kelistrikan di masing-masing lokasi dengan dua sampai tiga lapis _back-up_. 

“Sebagai mitigasi risiko kami juga mempersiapkan _back-up_ kelistrikan berupa tiga (3) unit _Uninterruptible Power Supply_ (UPS) dan 2 Unit Genset yang tersebar di masing masing titik lokasi. Peralatan _back_up_ ini juga telah dilengkapi dengan _Automatic Change Over Switch_ (ACOS) sehingga peralihan sumber energi listrik dalam merespon gangguan akan berlangsung tanpa kedipan dan sistem kelistrikan tetap berjalan normal,” jelas Abdul Mukhlis. 

Tidak hanya pada kegiatan skala besar PLN berkomitmen untuk selalu menjaga pasokan listrik yang andal bagi seluruh masyarakat khususnya di Provinsi Banten

“Suatu kehormatan bagi kami dapat mengambil peran dalam menyukseskan kunjungan kerja Presiden dan rombongan di wilayah Banten. Kami akan selalu siap untuk menjaga dan mengawal keandalan pasokan listrik. Saat ini pasokan listrik cukup dan kami akan hadirkan listrik dengan kualitas yang terbaik,” tutup Abdul Mukhlis.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023