Dalam rangka mendukung peningkatan tutupan lahan dan penataan ruang terbuka hijau di Kota Tangerang, PT PLN (Persero) melalui PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten bersama Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Pemerintah Kota Tangerang melaksanakan kegiatan penanaman pohon bersama.

Kegiatan yang berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) Gondrong Green Lake City, Kota Tangerang ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Hutan Lestari Kementerian LHK, Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc, Wakil Wali Kota Tangerang, Drs. H. Sachrudin, dan stakeholder lainnya. Sementara mewakili PT PLN (Persero) adalah Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum PLN UID Banten, Rahmat Mulyana.

Kegiatan penanaman pohon ini bertujuan untuk menekan kadar CO2 (karbon dioksida) yang ada di udara, sehingga nantinya dapat mengurangi polusi udara dan meningkatkan indeks kualitas udara di wilayah Kota Tangerang. Adapun jenis pohon yang ditanam terdiri dari bibit pohon durian, manggis, trembesi, tabebuya, dan alpukat yang kesemua bibit pohon tersebut memiliki tinggi lebih dari 3 meter.

Baca juga: Wujudkan komitmen transisi energi, PLN hadirkan SPKLU di Pantai Indah Kapuk Kabupaten Tangerang

Dalam sambutan pembukaannya mewakili Pemerintah Kota Tangerang, Sachrudin manyambut baik aksi tananam pohon ini. Pihaknya juga mengapresiasi langkah Kementerian LHK dan PLN yang berkolaborasi bersama Pemerintah Kota untuk menjaga kelestarian lingkungan mengingat banyak sekali dampak positif dari aksi tanam pohon.

"Pohon memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan makhluk hidup, seperti sumber oksigen, menekan efek gas rumah kaca, menyimpan air, meningkatkan kualitas udara, hingga mengurangi polusi udara sebagaimana yang saat ini menjadi perhatian banyak pihak. Menanam pohon sejatinya menanam kebaikan untuk masa depan, karena manfaatnya akan dirasakan oleh anak dan cucu kita. Kami mengapresiasi Kementerian LHK dan PLN atas kontribusinya, dan berharap agar aksi ini bisa terus berlanjut secara berkesinambungan," ujar Sachrudin dalam keterangan tertulis, Rabu (13/9/2023).

Respons positif terhadap PLN juga disampaikan oleh Agus Justianto, yang mana pihaknya mengapresiasi langkah PLN dalam membantu menyediakan bibit pohon untuk aksi tanam pohon pada hari ini. Ia juga menyampaikan manfaat ruang terbuka hijau yang ada di tengah kota, khususnya dalam mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas udara di wilayah perkotaan.

"Ruang terbuka hijau sangat dibutuhkan di Kota besar, mengingat manusia dan pohon akan saling berketergantungan. Manfaat menanam pohon bagi wilayah perkotaan adalah mencegah banjir, menekan suhu, mengontrol udara, hingga sebagai objek wisata masyarakat kota. Karenanya kami berharap penanaman pohon ini tidak berhenti disini dan akan lebih banyak lagi lokasi-lokasi menanam pohon, sehingga dengan komitmen ini kita dapat mengurangi polusi udara secara bersama-sama," jelas Agus Justianto.

PLN UID Banten melalui Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum Rahmat Mulyana menyatakan kesiapan PLN untuk terus ikut berkolaborasi bersama Kementerian LHK dan Pemerintah Kota Tangerang dalam upaya kelestarian lingkungan. Aksi ini sesuai dengan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) 'PLN Peduli' dalam mendukung _(Sustainable Development Goals)_ SDG’s 15 ekosistem daratan.

"Kegiatan penanaman pohon ini merupakan kolaborasi PLN melalui Program TJSL 'PLN Peduli' untuk mendukung pencapaian SDG's atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Penanaman pohon ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran sekaligus membudayakan gemar menanam dan memelihara pohon bagi masyarakat Kota Tangerang sehingga tujuan utama dari aksi tanam pohon pada hari ini, yakni menjaga kelestarian lingkungan dapat terwujud," pungkas Rahmat Mulyana.
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023