Jakarta (Antara News) - Lotte Foundation berkerja sama dengan Rumah Zakat meluncurkan program "Water Well" atau pembangunan sarana air bersih berlokasi di wilayah Pemprov DKI Jakarta.

"Program Water Well bertujuan mendukung terciptanya kehidupan masyarakat yang menerapkan pola hidup sehat dan sanitasi yang bersih," kata Presiden Direktur Lotte Mart Indonesia, Jukyang Yoon di Jakarta, Rabu.

Menurut Jukyang Yoon, Jakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang mengalami krisis ketahanan air. Sebuah penelitian yang dilakukan Ahli Hidrologi Universitas Indonesia, Firdaus Ali, 13 sungai yang mengalir di wilayah Ibu Kota tidak layak diminum.

Penelitian tersebut juga menyebutkan Jakarta tidak mempunyai sumber air permukaan yang layak diubah menjadi air baku. Sebagai contoh, PT PAM Lyonnaise Jaya sebagai pemasok air bersih di bagian barat dan utara Jakarta memperoleh sumber air baku justru dari luar Jakarta.

Peluncuran program ini berlangsung di Gandaria City, dan dihadiri kedua belah pihak, serta wakil pemerintah DKI Jakarta.

Pada program kali ini, Lotte Foundation dan Rumah Zakat membangun lima sarana air bersih di lima lokasi yang berbeda, yaitu Gandaria, Taman Surya, Kuningan City, Kelapa Gading dan Pakuwon Surabaya.

Sementara Lurah Kebayoran Lama Selatan, Fachruddin menyambut baik inisiasi Lotte Foundation dan Rumah Zakat.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan sebaik-baiknya program bantuan ini. Meski demikian, pemerintah juga berharap agar gaya hidup hemat air terus diterapkan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Lotte Foundation juga menggelar pelayanan kesehatan gratis  yang diikuti oleh 200 penerima manfaat.

Dilanjutkan dengan penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat oleh tim medis Rumah Zakat.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016