Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten membuka tujuh gerai pelayanan publik di pusat perbelanjaan Kecamatan Panongan sebagai upaya mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses layanan publik.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Rabu, mengatakan bahwa pembukaan gerai tersebut kolaborasi antara Mal Ciputra Residence dan pemerintah daerah, baik tingkat kabupaten maupun provinsi, untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan, dan keamanan pelayanan kepada masyarakat setempat.

"Ini adalah komitmen kita (pemerintah daerah, red.) sebagai meningkatkan pelayanan kita, terutama pelayanan ini disiapkan untuk masyarakat yang jauh jangkauannya dari pusat pemerintahan Tangerang," katanya.

Di gerai pelayanan publik itu, pihaknya menyediakan tujuh layanan, seperti pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Samsat, Badan Pertanahan Nasional, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Badan Pendapatan Daerah.

Di tempat tersebut, ada beberapa layanan dari instansi yang buka dengan menyesuaikan jam operasi tempat perbelanjaan tersebut.

"Untuk jam pelayanan tentu akan mengikuti dengan jam operasional mal itu sendiri," katanya.

Baca juga: Mal Pelayanan Publik Tangerang diharapkan permudah warga urus dokumen

Setelah dibuka gerai ini, katanya, nantinya dilakukan penambahan di dua wilayah Tangerang timur dan utara.

Ia mengharapkan pembukaan gerai di mal itu akan mendorong pihak swasta atau pengelola pusat perbelanjaan yang lain untuk berperan aktif juga memfasilitasi sarana pelayanan publik Pemkab Tangerang.

"Mungkin nanti ke depan kita akan buka lagi di beberapa wilayah Tangerang, seperti di bagian timur, selatan, atau utara," ujar dia.

Managing Director Ciputra Grupmena Budiarsa Sastrawinata mengatakan pihaknya bersama pemerintah daerah berkomitmen meningkatkan pelayanan publik dengan memberikan akses yang mudah, efisien, dan modern.

Dia mengharapkan hal tersebut dapat menjadi solusi bagi masyarakat setempat dalam mengakses layanan publik secara cepat dan nyaman.

"Kami senang dapat menjadi rumah bagi Gerai Pelayanan Publik Kabupaten Tangerang di Mal Ciputra Tangerang. Ini adalah langkah penting menuju kemudahan akses masyarakat terhadap berbagai layanan penting dalam satu lokasi yang nyaman," kata dia.

Baca juga: Pemprov Banten optimalkan aset hibah Kemenkeu untuk pelayanan publik
Baca juga: Sembilan kementerian dan lembaga buka layanan di MPP Kota Tangerang

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023