Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang memberikan pelatihan membuat buket bunga bagi pengurus perpustakaan masyarakat dalam upaya membuka usaha baru (kewirausahaan).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang Engkos Zarkasyi di Tangerang, Selasa, mengatakan pelatihan ini merupakan bagian dari program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang bertujuan agar masyarakat bisa membuat suatu barang atau jasa berdasarkan materi yang sudah diberikan.

"Kali ini kita membuka pelatihan membuat buket bunga yang kini menjadi produk incaran masyarakat,” kata Engkos di sela pelatihan yang dilakukan di Perpustakaan Daerah, Cikokol, Kota Tangerang, Selasa.

Ia mengungkapkan pelatihan ini diikuti 30 peserta yang merupakan pengelola dan pengurus dari perpustakaan masyarakat di Kota Tangerang.

Baca juga: Disnaker Kota Tangerang gelar pelatihan barista khusus untuk pemuda

Para peserta disediakan alat beserta bahan untuk membuat buket bunga dan snacknya. Semua tanpa dipungut biaya, sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat.

"Harapannya setelah diadakan pelatihan ini mereka bisa memulai usaha di bidang kerajinan buket bunga ini, atau bagi yang sedang merintis, bisa menambah pengetahuan baru dalam membuat buket bunga dan snack,” ujarnya.


Sementara itu, salah satu peserta, Anggraeni, pengelola perpustakaan masyarakat di Kecamatan Ciledug mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat, sebab dapat menambah ide baru untuk yang ingin memulai usaha. Apalagi, dirinya juga merupakan Ketua UMKM Kecamatan Ciledug, sehingga pelatihan ini bisa dikembangkan bersama dengan pelaku usaha yang ingin menambah penghasilan di wilayah itu.

“Usaha buket bunga ini memang sudah sangat akrab dan dimana-mana, sehingga ini sangat menjanjikan. Apalagi, dengan modal sedikit, bisa membuat usaha buket bunga atau snack. Ini sangat bermanfaat ke depannya. Nantinya ilmu yang didapat di sini bisa saya bagikan juga ke teman-teman di perpustakaan dan UMKM di wilayah saya,” katanya.

Baca juga: Disbudpar Kota Tangerang tingkatkan kompetensi pramusaji dengan pelatihan
Baca juga: Bantu tambah pendapatan rumah tangga, PKK gencarkan pelatihan memasak

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023