Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, menyiapkan sejumlah fasilitas khusus perlintasan keimigrasian yang terintegrasi untuk mendukung pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto di Tangerang, Selasa, mengatakan bahwa fasilitas khusus itu disiapkan untuk menjamin kelancaran pemeriksaan delegasi KTT ASEAN seiring tingginya lalu lintas pelaku perjalanan di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami menyediakan sejumlah fasilitas untuk menyambut kedatangan tamu dan delegasi ASEAN ke-43. Pertama, penyediaan perangkat Mobile Unit Border Control Management, khusus untuk delegasi setingkat kepala negara /menteri," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang atur mobilitas truk besar demi lancarnya KTT ASEAN

Menurut dia, sejumlah fasilitas khusus keimigrasian tersebut ditempatkan di Terminal 3 dan di Commercial Important Person (CIP) Terminal I Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Fasilitas ini perlu disediakan untuk menunjang pemeriksaan para delegasi di tengah tingginya lalu lintas penumpang reguler," katanya menambahkan.

Dia menyebutkan, sebagai gerbang utama dan tersibuk di Indonesia, Imigrasi Soekarno-Hatta telah berpengalaman dalam menyediakan fasilitas khusus pada setiap perhelatan internasional.

"Khusus untuk KTT ASEAN ke-43, kami mempersiapkan layanan keimigrasian yang diduplikasi dari pelayanan KTT G-20 pada tahun 2022 lalu," pungkas Tito Andrianto.

Baca juga: Layani urus paspor, Kemenkumham Banten luncurkan aplikasi imigrasi

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023