Setelah sukses menggelar ajang bersepeda berskala internasional di Belitung pada 2022, Tour of Kemala (TOK) berubah tempat dan kini bakal berlangsung di Kota Banyuwangi, Jawa Timur, 7-8 Oktober mendatang.

Koordinator Lapangan Tour of Kemala Banyuwangi 2023 Erni Agung, di Jakarta, Senin, menjelaskan tur tersebut memilih Banyuwangi sebagai lokasi kedua kegiatan Tour of Kemala karena banyak faktor pendukungnya.

"Salah satu alasan kenapa memilih Banyuwangi. karena di sana juga lahir atlet-atlet sepeda, terdapat pusat pelatihan juga," kata Erni.

Dengan memilih lokasi di Banyuwangi, lanjut Erni, peserta diharapkan dalam merasakan pengalaman yang sama dengan para atlet sepeda.

Selain itu, Tour of Kemala Banyuwangi 2023 merupakan salah satu olahraga pariwisata, di mana peserta akan disuguhkan wisata alam indah dan beragam kuliner khas Banyuwangi.

Baca juga: Artha Graha Peduli bagikan bantuan tunai dan sembako terkait kenaikan BBM

Banyuwangi dipilih karena memiliki variasi rute tanjakan panjang dengan kombinasi jalan datar untuk menguji ketahanan dan kekuatan pesepeda. Dalam sejarah balap sepeda Indonesia, rute di wilayah Banyuwangi telah melahirkan atlet-atlet berprestasi dan menjadi tempat pembinaan atlit nasional sampai sekarang.

Di ajang tersebut, Tour of Kemala juga merangkul 150 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dengan turut memasarkan produksi UMKM lokal. Dengan demikian, Tour of Kemala Banyuwangi 2023 turut membantu membangkitkan perekonomian lokal dengan memasarkan produk-produk mereka.

Tour of Kemala yang bertema “Berkarya untuk Negeri” akan dibagi dalam 2 (dua) kategori yaitu ride sepanjang 128 Km dan kategori Tour sepanjang 55 Km yang akan menjelajahi destinasi-destinasi wisata Banyuwangi.

Sementara itu Bank Artha Graha Internasional (BAGI) sebagai salah satu sponsor utama dalam ajang ini, senantiasa berkomitmen untuk ikut serta membangkitkan gairah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat maupun mengangkat potensi pariwisata lokal.

Baca juga: Kota Cilegon berusaha kembangkan sektor olahraga, lirik balap sepeda

“Bank Artha Graha Internasional berkontribusi dalam event Tour of Kemala, karena memiliki spirit yang sama yaitu sama-sama memiliki tujuan untuk bisa menghidupkan geliat ekonomi, melalui sektor UMKM-nya. Selain itu, menjadi ajang promosi sektor pariwisata di Banyuwangi. Kita eksplor.keindahan alam Indonesia dengan bersepeda, dengan tetap mengedepankan prinsip prinsip ecotourism," kata Elvin Halim selaku Corporate Secretary Bank Artha Graha Internasional di acara Press Conference Tour of Kemala, Jakarta, Senin.

Lebih lanjut Elvin menyatakan saat pelaksanaan event ini berlangsung, Bank Artha Graha Internasional akan melakukan sosialisasi pembayaran cashless melalui QRIS untuk memudahkan dalam sistem pembayaran.

“Nanti kita akan open booth dan disediakan layanan untuk aktivasi agi apps dengan promo-promo menarik yang akan kita berikan.” kata menambahkan.

Dalam Press Conference yang di laksanakan di Gedung Bhayangkari ini, turut di hadiri oleh Koordinator Lapangan Tour of Kemala Banyuwangi 2023, Race Director Tour of Kemala Banyuwangi 2023, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI),.Community Involved TOK 2023, Perwakilan Peserta Tour of Kemala Belitong 2022 dan perwakilan sponsor lain dari Artha Graha Group/Network.

Dalam event gowes yang di inisiasi oleh Yayasan Bhayangkari Indonesia ini, juga membawa campaign positif yaitu mengangkat keindahan alam Indonesia ke mancanegara serta menjaring generasi muda untuk bisa berkompetisi dalam ajang olahraga berskala Internasional.

“Kita menargetkan 1000 peserta yang akan mengikuti event ini. Di event ini menjadi bukti bahwa Tour of Kemala juga mendukung untuk menciptakan dan mencari bibit atlet baru. (Sepenuhnya)kita support generasi muda Indonesia untuk bisa berlaga di kancah Internasional," jelas Elvin.

Baca juga: Pertahankan kualitas gula aren organik, kelompok tani Banyuwangi diapresiasi

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023