Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang mengajak masyarakat menggelar perlombaan dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan ke-78 RI dengan pertandingan olahraga tradisional.

"Tujuannya adalah untuk melestarikan olahraga atau permainan tradisional sebagai warisan budaya bangsa,” kata Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang, di Stadion Benteng Reborn Tangerang, Jumat.

Ia mengatakan beberapa permainan tradisional tersebut diantaranya dagongan, tarik tambang, balok estafet, balap karung, terompah, makan kerupuk, hingga tangkap bebek.

Baca juga: HUT RI, Dispora Tangerang gelar kejuaraan futsal-voli antar kampung

Lomba dalam rangka perayaan kemerdekaan juga menjadi kesempatan untuk melestarikan berbagai olahraga atau permainan tradisional yang saat ini mulai tergerus perkembangan zaman.

"Lomba Kemerdekaan diharapkan mampu direfleksikan sebagai momentum mendorong persatuan, kebersamaan, dan gotong royong, untuk menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan," ujarnya.

Sementara itu pada hari ini ratusan pegawai Pemkot Tangerang menggelar lomba dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 RI. “Alhamdulillah, Lomba Kemerdekaan Kota Tangerang ini juga disambut dengan antusias luar biasa. Bisa kita lihat, ratusan pegawai semuanya antusias mengikuti keseruan lomba-lomba," ujarnya.

Baca juga: 20 klub ikuti kejuaraan menembak yang digelar Dispora - Perbakin Tangerang

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah yang turut hadir dan berpartisipasi dalam berbagai perlombaan mulai dari lomba tarik tambang, dagongan, makan kerupuk, hingga menangkap bebek.

"Alhamdulillah, ikut meriahin HUT RI, di sini kita ikutan lomba 17-an ya bersama para OPD dan Forkopimda. Bisa seru-seruan juga karena lomba-lombanya juga cukup unik dan menarik. Apalagi yang menangkap bebek itu ternyata seru juga," katanya.

Lebih lanjut Wali Kota Arief berharap kemeriahan perayaan HUT ke-78 RI tersebut dapat semakin memupuk rasa nasionalisme, persatuan kesatuan serta kebersamaan dan persaudaraan diantara para pegawai di lingkup Pemkot Tangerang.

"Selain untuk memupuk rasa cinta pada Tanah Air juga tentunya agar semakin meningkatkan keakraban, kekompakan, dan juga semakin solid dalam bekerja sama mewujudkan pelayanan yang optimal bagi masyarakat Kota Tangerang," ujarnya.

Baca juga: Dispora Tangerang: Turnamen panjat tebing ajang kembangkan sportindustry

Pewarta: Achmad Irfan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023