Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lebak, Banten membagikan 100 ribu bendera merah putih gratis kepada masyarakat guna memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tanggal 17 Agustus 2023.

"Pembagian bendera merah putih diharapkan membangkitkan kecintaan nilai-nilai kesatuan bangsa dan rasa nasionalisme," kata Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Lebak Sukanta di Lebak, Selasa.

Baca juga: HUT RI, Kesbangpol Cilegon bagikan bendera Merah Putih pada warga

Dia mengatakan pembagian bendera kepada masyarakat ini, juga sebagai tindak lanjut Gebyar Merah Putih yang sudah dibuka secara resmi oleh pemerintah pusat dengan target 10 juta bendera merah di wilayah Indonesia. 

Bendera merah putih tersebut disebar di 28 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

Pihaknya  mengajak masyarakat dapat mendukung pemasangan bendera merah putih sebagai identitas, simbol dan alat pemersatu rakyat Indonesia, di depan rumah masing-masing selama bulan Agustus 2023. 

"Kami sudah menyebar surat ke seluruh desa dan kelurahan agar warganya memasang bendera merah putih selama bulan kemerdekaan ini,"katanya menjelaskan.

Baca juga: Jaring aspirasi jelang pemilu, Kesbangpol Tangerang gelar diskusi

Siti Samsiah (60) warga RT 01/09 Muara Ciujung Kabupaten Lebak mengatakan dirinya memasang bendera merah putih merupakan bentuk kecintaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kecintaan NKRI sudah mendarah daging sejak sekolah dasar hingga menjadi pegawai sipil negara (ASN), sehingga pemasangan bendera merah putih itu merasa terpanggil sebagai simbol kemerdekaan.

"Kita patut bersyukur kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan dengan simbol merah putih,"kata pensiunan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak tersebut. 

Baca juga: Kesbangpol Kabupaten Lebak gelar deteksi dini dukung pemilu 2024 aman

Begitu juga tetua Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Kabupaten Lebak Jaro Saija mengatakan dirinya memasang bendera merah putih di depan kantor dan rumah sebagai simbol kecintaan NKRI.
 
"Kami memasang bendera merah putih di depan kantor desa dan rumah sebagai bentuk kecintaan terhadap NKRI,"katanya.
 
Baca juga: Kesbangpol : 13 ribu warga Lebak terindikasi radikalisme
 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023