Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang, Banten mengoptimalkan layanan perekaman e-KTP melalui program Disdukcapil goes to school.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang R Irman Pujahendra di Tangerang, Selasa, mengatakan Disdukcapil goes to school akan digaungkan selama bulan kemerdekaan ini.

"Kegiatan goes to school yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Tangerang untuk perekaman KTP-el bagi pemula dengan cara jemput bola," ujarnya.

Ia mengakui banyak pelajar belum melakukan KTP-el, karena waktu yang terbatas. Mulai Senin - Jumat, pelajar fokus belajar, dan akhir pekan melakukan liburan bersama keluarga.

Oleh karena itu, program Disdukcapil goes to school dibuat untuk kemudahan pelayanan administrasi kependudukan bagi seluruh warga, khususnya pelajar.

Baca juga: Dalam sehari Disdukcapil Tangerang terima 200 pengajuan KTP digital

"Respons pelajar juga cukup tinggi. Sasaran program ini adalah pelajar yang sudah menginjak umur 17 tahun. Dengan ini, mereka tidak perlu jauh-jauh ke kecamatan atau kantor Disdukcapil, tapi petugas yang akan menyambangi sekolah kalian. Mudah dan cepat bikin e-KTP di sekolah saja," ujarnya.

Ia menuturkan dalam program ini petugas Disdukcapil juga mensosialisasikan penggunaan atau pemanfaatan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Semoga dengan ini, seluruh elemen di Kota Tangerang dapat meningkat kesadarannya akan kepemilikan atau kelengkapan administrasi kependudukan, sehingga Kota Tangerang terus menjadi kota tertib administrasi kependudukan," pungkas R Irman Pujahendra.

Baca juga: Pemkab Pandeglang dorong masyarakat aktivasi KTP digital
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023