Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten menggelar pelatihan kegawatdaruratan maternal dan neonatal yang diikuti 30 dokter dan bidan dari fasilitas pelayanan kesehatan pertama untuk menekan angka kematian ibu dan bayi di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan, Kota Tangerang, Dini Anggraeni di Tangerang, Senin, mengungkapkan dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi, perlu dilaksanakan secara terpadu dalam menangani permasalahan dan penyakit yang terjadi pada masa hamil, bersalin, nifas dan bayi neonatus.

“Dalam menangani kegawatdaruratan diperlukan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir,” katanya.

Baca juga: Wali Kota Tangerang instruksikan camat libatkan warga dalam upacara HUT RI

Dia menjelaskan, salah satu faktor utama yang akan menentukan keberhasilan pelayanan kesehatan tersebut adalah terkait kualitas sumber daya manusia yang melaksanakannya.

Oleh karena itu, perlu dilakukan penguatan kapasitas tenaga kesehatan tersebut, khususnya di fasilitas pelayanan kesehatan pertama melalui pelatihan yang komprehensif dan tepat sasaran.

Pelatihan berlangsung tiga hari, yakni hari pertama terkait kegawatdaruratan maternal, hari kedua kegawatdaruratan neonatal dan hari terakhir pada Rabu (9/8) mendata akan berlangsung praktik klinik.

Menurut dia,  dengan adanya pelatihan ini diharapkan petugas fasilitas pelayanan kesehatan pertama dapat kian terampil dalam menangani kasus kegawatdaruratan maternal dan neonatal.

“Sehingga, dapat menurunkan angka kematian dan kesakitan ibu dan bayi lahir di Kota Tangerang. Tentunya, dengan seluruh pelayanan dan fasilitas yang memadai sesuai standar,” katanya.

Baca juga: Disnaker Tangerang latih 266 orang lewat Unit Pelatihan Bergerak
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023