Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI) masih 12 hari lagi, namun geliat di sejumlah wilayah termasuk Pandeglang, Banten untuk memperingatinya cukup terasa.

Hal ini dibuktikan dengan aktifitas jual beli atribut serta banyaknya kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan HUT Kemerdekaan ke-78 RI.

Sejumlah pedagang bendera musiman tersebut mulai ramai berjualan menjelang peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Sukaryo (62) salah satu pedagang bendera yang ada di pinggiran Jalan Protokol Kota Pandeglang, mengaku sudah sejak 2009 berjualan bendera dan atribut lainnya.

"Setiap tahun saya jualan di sini, kisaran dari Tahun 2009 disaat momentum Agustusan atau menjelang hari Proklamasi," katanya.

Baca juga: Penjual bendera asal Garut warnai jalan protokol di Rangkasbitung

Ia menjelaskan pendapatan rata-rata kisaran 200 ribu perhari. Apalagi, kata dia, seperti pengalaman pada tahun lalu biasanya mendekati atau sepekan sebelum hari Proklamasi bisa mendapatkan hingga satu juta perhari.

"Untuk harga bendera dari harga 25 ribu hingga 75 ribu. Akan tetapi, kalau background 250 ribu hingga 600 ribu tergantung jenis dan ukurannya, sedangkan atribut kendaraan di jual 15 ribuan," kata Sukaryo.

Tama (26) salah satu warga RT 09 Kampung Kadu Pandak Kabupaten Pandeglang, menuturkan membeli bendera tersebut untuk melangsungkan upacara HUT Kemerdekaan RI tepatnya 17 Agustus nanti.

Baca juga: HUT RI, Dispora Tangerang gelar kejuaraan futsal-voli antar kampung

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Provinsi Banten membagikan sebanyak 10 ribu bendera Merah Putih ke setiap kecamatan untuk menyambut  HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023.

"Kita berharap kepada seluruh pegawai pemerintah maupun para RW di lingkungan Kota Tangerang, mampu menggerakkan partisipasi masyarakat serta mampu menjaga, merawat kota dan Negara Indonesia yang kita cintai," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Pemkot Tangerang juga mengajak seluruh masyarakat daerah itu untuk memasang bendera Merah Putih di setiap rumah, kantor maupun tempat-tempat usaha yang ada.

Wali Kota Arief R Wismansyah juga mendorong di setiap RW dan RT untuk melaksanakan upacara bendera pada 17 Agustus serta kegiatan- kegiatan kemasyarakatan yang lainnya.

Baca juga: HUT RI, Pemkot Tangerang bagikan 10 ribu bendera Merah Putih per kecamatan

Pewarta: Lukman Fauzi

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023