Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Banten menargetkan pendapatan dari sektor pariwisata diantaranya restoran, cafe dan hotel tahun ini sebesar Rp390 miliar.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan di Tangerang Selasa mengatakan pihaknya mengajak Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk bersinergi mengembangkan inovasi di bidang pariwisata.

Menurut dia, dengan kerja keras dalam mengembangkan pariwisata, pendapatan daerah Tangerang Selatan pada 2022 tercatat 355 miliar yang berasal didapat dari restoran, cafe dan hotel. 

“Karena kerja keras kita semua, Bapenda mencatat tahun 2022 pendapatan asli daerah dari restoran, cafe dan hotel itu Rp355 miliar. Kita targetkan tahun ini 390 miliar. Kita harus punya ide dan inovasi buat mendorong pariwisata ini,” kata Wakil Wali Kota Pilar dalam keterangannya.

Baca juga: Pemkot Tangsel sediakan 26 layanan kesehatan penderita HIV

Oleh karena itu, Pemkot Tangsel dan pengurus PHRI harus punya rasa memiliki dalam industri pariwisata. Sebab, PHRI Tangsel ini menjadi pelaku utama dalam berperan aktif di setiap momentum pengembangan industri kepariwisataan.

“Pemkot dan PHRI ini harus punya rasa memiliki, pemkot tidak bisa berjalan mendorong pariwisata tanpa dukungan PHRI sebagai pelaku. Kita harus bekerja sama satu sama lain, PHRI ini kan mitra strategis yang harus digaet setiap momentum,” katanya

Selain dirinya juga mengajak PHRI untuk mengoptimalkan dan memanfaatkan potensi yang ada di Tangsel. Karenanya, ini akan menjadi potensi yang menguntungkan bagi sebuah wilayah.

“Saya berharap PHRI, Dispar, dan Bapenda Tangsel bisa sama-sama dalam mengoptimalkan potensi yang ada. Destinasi wisata mana yang bisa menginap, bukan cuma berkunjung. Terus juga buat pelatihan terkait mutu SDM, gimana caranya bekerja di hospitality. Kalo gini kan semakin banyak event, semakin menguntungkan juga,” katanya menambahkan.

Selain itu, Pilar meminta kepada seluruh mitra strategis untuk mengembangkan program yang sedang berjalan secara menarik.

“Kita kan ada program HUT Tangsel ke 15, seperti Tangsel Marathon dan sejiwa fest. Nah, gimana caranya kita gencarkan event itu. Apa kita buat promo saat HUT Tangsel atau membuat merchandise buat pengunjung, itu dipikir lagi supaya berjalan lancar,” pungkas Pilar Saga Ichsan.

Baca juga: Pilar Saga ajak masyarakat manfaatkan ruang publik pusat pameran kreatif

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023