Kabupaten Tangerang kembali meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Banten. 

Piala bergilir MTQ ke-20 tersebut diterima Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada malam penutupan di Alun-Alun Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Sabtu malam (29/07).

Malam penutupan ini diramaikan dengan penampilan Gambus El-Bawazier, rampak bedug El-Huda, dan puncak acara menampilkan Wafiq Azizah. Sebelumnya, Kabupaten Tangerang juga meraih juara umum MTQ Ke-19 Provinsi Banten.

Baca juga: Bupati harap kafilah Tangerang kembali raih prestasi di MTQ provinsi

Kabupaten Tangerang mendapat skor dengan total 275 poin. Hal tersebut merupakan skor tertinggi dibandingkan daerah lain. MTQ Banten melibatkan 7 pengawas serta 131 dewan hakim. Perlombaan terdiri dari 12 majelis dengan 8 cabang dan 20 golongan. Ke depan, para juara siap-siap melangkah ke MTQ tingkat nasional.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki menyampaikan, momentum MTQ memiliki pesan penting bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Tangerang. Dia mengajak segenap kaum muslimin agar meningkatkan kepedulian dan peran aktif untuk membumikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

"Bukan hanya dengan lisan saja, tetapi juga dalam setiap perbuatan yang kita lakukan selama menjalani kehidupan kita sebagai hamba-Nya yang berakhlak mulia dan penuh kebaikan,” kata Bupati Zaki.

Dia berterima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan tersebut di Kabupaten Tangerang. Dia juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pj Gubernur Banten Al Muktabar serta seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang, para peserta, pendamping dan semua pihak yang membantu terselenggaranya acara tersebut. "Acara kali ini berlangsung aman dan lancar, tidak ada hambatan berarti," kata Bupati Zaki.

Menurut dia, MTQ 20 memberikan arti dan makna bagi seluruh masyarakat khususnya bagi kalangan umat Islam untuk terus meningkatkan kualitas keimanan dalam mewujudkan Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Insaniyah di atas landasan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Kepada seluruh generasi penerus di Kabupaten Tangerang agar belajar dan bersiap-siap menyambut tongkat estafet syiar Islam di Kabupaten Tangerang. 

"Semaju apa pun di Kabupaten Tangerang nanti, generasi penerus dan masyarakat Kabupaten Tangerang tetap berpegang teguh dan terus mengembangkan syiar Islam di bumi Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten," katanya.

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar menyampaikan Kabupaten Tangerang berhasil menyelenggarakan acara dengan meriah walaupun acara tersebut berada di tingkat provinsi, namun terasa seperti di tingkat nasional.

“Saya sangat berterimakasih kepada tuan rumah Kabupaten Tangerang karena telah menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an ini dengan megah,” ujarnya.
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023