Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang, Banten membentuk Satgas Layanan Restorasi Arsip Keluarga (Laraska) di 13 kecamatan yang bertugas menyosialisasikan dan membantu masyarakat terkait layanan menjaga dan merawat arsip.

Kepala DPAD, Engkos Zarkasyi di Tangerang Rabu mengatakan pembentukan Laraska itu dilakukan dengan bekerja sama menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

"Para satgas ini tugasnya akan menginformasikan kepada warga sekitar bagaimana menjaga dan merawat arsip. Para satgas juga akan diberikan pelatihan untuk enkapsulasi," kata Engkos.

Baca juga: DPAD Tangerang kembali bentuk Satgas Laraska di wilayah rawan bencana

Direktur Preservasi ANRI, Agus Santoso mengatakan mengetahui cara penyelamatan arsip sangatlah penting. Terlebih, Indonesia merupakan wilayah yang rawan dengan bencana alam. Lalu, antusias masyarakat Kota Tangerang sangat tinggi dalam mengikuti pelatihan dan menjadi bagian dari Satgas Laraska.

"Antusiasmenya luar biasa. Beberapa kali saya hadir untuk meresmikan dan memberikan materi untuk Satgas Laraska di Kota Tangerang, dan selalu sama, sangat semangat. Ini menandakan bahwa masyarakat Kota Tangerang sangat peduli dengan pentingnya arsip. Arsip ini sama seperti bayi, maka harus di-'treat' dengan sangat hati-hati," katanya.

Diharapkan dengan adanya pelatihan dan peresmian Satgas Laraska ini dapat memberikan informasi bagaimana pentingnya arsip di kehidupan.

Dalam tugasnya, diharapkan Satgas Laraska juga dapat memberikan edukasi pada tetangga dan warga sekitar tentang pentingnya merawat arsip dengan baik dan benar.

"Saya harap, masyarakat dapat lebih perhatian dalam merawat dan menyimpan arsip. Arsip ini adalah bagian dokumen penting yang ada dalam kehidupan kita. Lalu, untuk para satgas, dapat menginformasikan dan membantu warga sekitar dalam perawatan dan penyimpanan arsip penting," demikian Agus Santoso.

Baca juga: Pemkab Tangerang raih predikat terbaik dalam pengelolaan kearsipan dari ANRI
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gandeng ANRI, 13 kecamatan di Tangerang bentuk satgas restorasi arsip

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023