PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Banten, menginformasikan kondisi muka air Sungai Cisadane berangsur naik setelah sebelumnya turun akibat rusaknya empat pintu air serta musim kemarau.

Direktur Utama PDAM Tirta Benteng yakni Doddi Effendy di Tangerang, Selasa, mengatakan batas normal tinggi muka air yakni 12 meter, namun beberapa waktu lalu sempat mencapai level 10,9 meter

Dengan adanya upaya perbaikan pintu air oleh Balai Besar Wilayah Sungai Cisadane Ciliwung (BBWSCC), lanjut dia, kondisi muka air Sungai Cisadane dalam kondisi aman terkendali.

Instalasi Pengolahan Air (IPA) pada PDAM Tirta Benteng, Kota Tangerang, Selasa pukul 07.00 WIB mencatat level MDPL (Meter Di atas Permukaan Laut) sudah di angka 11,715 meter.

Baca juga: PDAM Kota Tangerang lalukan penyedotan demi tingkatkan produksi air

"Pagi ini sudah di 11,7 meter. Mudah-mudahan terus berangsur naik hingga batas normal yakni 12 meter. Dengan ini dipastikan suplai air PDAM Tirta Benteng, Kota Tangerang tidak terganggu,” kata Doddi.

Sebelumnya Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan terdapat empat pintu air di Bendungan Pintu Air 10, Pasar Baru, yang mengalami kerusakan sehingga produksi air bersih untuk masyarakat Kota Tangerang mengalami penurunan.

"Debit air Sungai Cisadane yang seharusnya tertampung malah terus mengalir dan permukaan airnya menjadi turun karena debit air terus berkurang. Otomatis suplai bahan baku air untuk PDAM pun juga jadi berkurang," katanya saat meninjau Bendungan Pintu Air 10, Pasar Baru, akhir pekan lalu.

Baca juga: Wali Kota Tangerang minta PDAM tambah area distribusi usai Dirut dilantik

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023