Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Banten menjamin stok pangan relatif aman dan mencukupi menghadapi perubahan iklim El Nino yang puncaknya pada Agustus -September 2023.
 
"Kita tidak ada masalah untuk persediaan pangan,"kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Lebak Yani di Lebak, Senin.
 
Berdasarkan pemantauan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lebak, kebutuhan konsumsi pangan relatif aman dan mencukupi hingga Desember mendatang.
 
Selain itu, sejumlah harga bahan pokok relatif stabil dan tidak terjadi kenaikan signifikan karena pendistribusian komoditas bahan pangan melimpah yang dipasok dari petani maupun peternak lokal.
 
Bahkan, produksi beras surplus untuk konsumsi masyarakat Lebak dengan penduduk 1,4 juta jiwa.
 
Selain itu juga Kabupaten Lebak sebagai daerah produsen peternakan unggas ras dan telur. Sedangkan, minyak goreng, gula pasir, bawang hingga terigu dipasok dari luar daerah berjalan lancar.

Baca juga: Ada unggas mati mendadak, Pemkab Lebak turun tangan
 
"Kami memastikan stok pangan saat El Nino atau kekeringan relatif aman dan mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat," katanya menjelaskan.
 
Menurut dia, pemerintah daerah hingga kini terus mengendalikan inflasi sesuai anjuran Menteri Dalam Negeri dengan mengoptimalkan ketersediaan pangan.
 
Selain itu juga jika terjadi lonjakan harga pangan di atas 10 persen akan melakukan operasi pasar (OP).
 
Saat ini, harga daging unggas di Pasar Rangkasbitung masih dijual Rp35 ribu dan telur ayam Rp31 ribu dibandingkan Lebaran Idul Adha menebus Rp52 ribu/kg dan telur Rp35 ribu/kg.
 
Sedangkan, kata dia, harga yang melonjak saat ini berdasarkan di lapangan hanya komoditas bawang putih dari Rp31 ribu kini menjadi Rp39 ribu/kg.
 
"Kami meyakini Lebak tidak terdampak perubahan iklim El Nino yang puncaknya diperkirakan Agustus -September 2023," kata Yani menegaskan.
 
Sementara itu, sejumlah pedagang di Pasar Rangkasbitung memastikan komoditas pangan melimpah dan tidak terdampak El Nino.
 
"Hingga saat ini pendistribusian bahan pokok berjalan lancar dan tidak terjadi kelangkaan," kata Ujang (35) seorang pedagang sembako di Pasar Rangkasbitung.
 
Baca juga: Ketika ternak kerbau jadi tumpuan ekonomi petani Lebak

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023