Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kota Tangerang menyiapkan layanan konseling gratis terkait masalah yang dihadapi orang tua atau anak di momen hari-hari pertama masuk sekolah.

Ketua Puspaga Kota Tangerang, Sri Damayanti di Tangerang Selasa, mengatakan orang tua dapat berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater terkait masalah yang dihadapi.

"Tak sedikit, anak tak bisa mengutarakan masalahnya ke orang tua, begitu juga orang tua yang tak paham dengan masalah yang dihadapi dan momen masuk sekolah jadi pelampiasannya. Dengan psikolog atau psikiater siapa tahu bisa mengutarakan masalahnya karena psikolog memiliki metode tersendiri untuk membuat seseorang, dalam hal ini anak, lebih nyaman menyampaikan problematikanya," kata Sri dalam keterangannya.

Baca juga: Anak sulit belajar, Puspaga Tangerang siap bantu

Diungkapkannya, pekan pertama masuk sekolah biasanya menimbulkan rasa cemas bagi anak. Kecemasan pada anak saat memasuki lingkungan sekolah yang baru adalah hal yang umum terjadi dengan berbagai alasan.

Mulai dari takut, malu, sungkan, malas, atau lainnya. Kondisi ini dihadapi anak dengan lingkungan yang baru, penuh dengan ketidakpastian dan perlu proses adaptasi, dengan waktu yang berbeda-beda.

Untuk mendapat layanan konseling gratis ini, masyarakat Kota Tangerang dapat melakukan layanan konseling online melalui nomor whatsapp 0813-9884-7460. Sedangkan untuk layanan offline, pemohon dapat datang ke Kantor Puspaga Kota Tangerang, di Jalan KS Tubun, Gedung Cisadane Lantai 2, Tangerang.

"Puspaga dalam hal ini, dapat memberikan layanan konseling atau konsultasi terkait pengasuhan anak, masalah anak, masalah remaja hingga permasalahan keluarga. Selain itu, juga tersedia kelas parenting terkait umum, pranikah hingga anak berkebutuhan khusus," ujarnya.

Ia pun mengimbau, masyarakat Kota Tangerang untuk dapat memanfaatkan layanan ini secara maksimal. "Layanan dibuka setiap Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB secara gratis, atau tanpa dipungut biaya," pungkas Sri Damayanti.

Baca juga: Produk lokal Kabupaten Tangerang tampil di ajang JF3 2023

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023