Serang (Antara News) - Kalangan mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum ramai mengunjungi pameran buku atau "Banten Book Fair 2016"  di Kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Banten di Serang, Selasa.

"Banten Book Fair 2016" yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta, Selasa, merupakan  yang pertama kalinya diselenggarakan BPAD. Sejumlah perusahaan penerbit nasional menawarkan berbagai jenis buku dengan harga yang terjangkau dan potongan harga hingga 30 persen.

Bahkan diantara tumpukan buku-buku pengetahuan umum dan agama yang berderet di tenda-tenda tersebut, ada yang dijual dengan harga rata-rata Rp15 ribu per eksemplar.

"Lumayan murah-murah bukunya. Saya beli tiga buku, lumayan aja buat baca-baca," kata Nasrudin salah seorang pengunjung 'Banten Book Fair 2016" asal Kota Serang.

Kepala BPAD Banten Andi Fatmawati mengatakan, 'Banten Book Fair' 2016' yang diselengagrakan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Banten digelar  dalam rangka menyambut hari buku nasional serta untuk menarik minat baca masyarakat sekaligus mengurangi angka buta aksara di Provinsi Banten.

Menurutnya, kegiatan yang berlangsung 17-23 Mei 2016 di halaman Kantor Perpustakaan Banten tersebut, diikuti sekitar 10 penerbit ternama baik skala nasional, maupun dari sejumlah penerbit lokal di Banten. Sehingga dengan adanya pameran buku murah ini, masyarakat dapat memilih buku-buku variatif yang dibutuhkan dengan harga yang terjangkau.

"Buku-buku yang disediakan mulai dari buku-buku anak, remaja, umum, penunjang pendidikan dan perkuliahan," katanya.

Andi mengatakan pameran buku yang mengambil tema "Banten Book Fair sebagai Sarana Edukasi, Informasi dan Rekreasi menuju Banten Gemar Membaca", juga sebagai salah satu cara untuk mendorong terwujudnya salah satu program Menteri Pendidikan Anies Baswedan, yang berharap masyarakat Indonesia dapat membaca minimal 15 menit setiap harinya.

Kegiatan tersebut juga sebagai perwujudan fungsi perpustakaan sebagai fungsi edukasi, informasi dan rekreasi yang ilmiah serta diharapkan agar minat dan budaya baca di masyarakat semakin meningkat.

Sekerataris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta mengatakan, pameran buku tersebut dalam rangka menyambut hari buku nasional dan dilaksanakan di seluruh Indonesia yang dimulai tanggal 17 sampai 23 Mei 2016. Pameran buku tersebut mendatangkan sejumlah penerbit nasional untuk menawarkan ebrbagai produk terbiyannya yang bisa dibaca dan dimiliki masyarakat Banten dengan harga yang sangat  terhjangkau.

"Banten Book Fair ini tujuan utamanya mengenalkan berbagai bahan informasi dan pengetahuan dalam bentuk buku untuk peningkatkan dan pembudayaan membaca oleh masyrakat. Kegiatan ini membuka wawasan literasi masyarakat dalam mendorong pembangunan Sumber Daya Manuis (SDM) di Banten melalui budaya baca,"kata Ranta Soeharta.

Kepala Bidang (Kabid) Deposit BPAD Banten Rosmawati mengatakan, selain pameran buku, rangkaian kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan ebrbagai kegiatan dan menghadirkan duta baca nasional Najwa Shihab, Ketua KPAI Aris Merdeka Sirait, Penulis Habiburrahman El-Shirazy yang akan mengajak warga gemar membaca dan mengunjungi perpustakaan sebagai gudangnya ilmu pengetahuan, serta berbagai kegiatan perlombaan para siswa mulai SD sampai SMA.

"Kami juga membuka "Bengkel Penulisan" untuk siswa SMA sederajat dan mahasiswa, serta program 'Share Book' dan wakaf buku sebagai upaya pengembangan koleksi perpustakaan Banten. Banten Book Fair diselenggarakan bertepatan dengan Peringatan Hari Buku Nasional," kata Rosmawati.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016