Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang membuka program khusus berupa pelatihan, pembinaan, dan pembekalan bagi masyarakat dan pelaku usaha bidang pariwisata.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh di Tangerang, Sabtu menuturkan program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan produk jasa usaha pariwisata serta ekonomi kreatif yang ada di Kota Tangerang.

Baca juga: Pelaku usaha wisata Tangerang diminta tingkatkan pengawasan

"Program ini masih berjalan dan dibuka secara umum serta terbuka untuk seluruh masyarakat Kota Tangerang yang berkecimpung di dunia pariwisata,” kata Rizal.

Ia melanjutkan, program tersebut juga dapat diakses secara mudah dengan cara mendaftarkan diri terlebih dahulu di sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Nantinya, Disbudpar Kota Tangerang akan melakukan proses penyaringan serta proses usulan berdasarkan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilakukan Disbudpar Kota Tangerang bersama masyarakat dan pelaku usaha bidang pariwisata di Kota Tangerang.

Syaratnya juga sangat mudah, yakni masyarakat yang selama ini berkecimpung di dunia pariwisata dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu di sistem yang sudah kita kembangkan (OSS-RBA).

Setelahnya, seiring berjalannya waktu, akan diproses secara berkala, untuk disaring berdasarkan usulan prioritas serta jenis usaha dan ekonomi kreatif seperti apa yang penting untuk dikembangkan lewat program tersebut.

Sejalan dengan itu, program tersebut dinilai akan bermanfaat dalam meningkatkan keahlian para pelaku usaha bidang pariwisata dalam mengolah sistem, jasa usaha, dan produk-produk ekonomi kreatif yang akan ditawarkan menjadi potensi unggul Kota Tangerang yang berdaya saing ke depannya.

"Sehingga usaha dan pariwisata di Kota Tangerang bisa lebih berkembang lagi," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023