Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaporkan adanya kerusakan Taman Budaya hingga rumah warga mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 pada Jumat (30/6) sekitar 19:57 WIB.

Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Gunungkidul Ahmad Riyadi di Gunungkidul, Sabtu, mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk, Taman Budaya Gunungkidul, Dinas Pendidikan, Pasar Argosari, Kantor BDG, Rusunawa, Polres Gunungkidul dan beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan ringan hingga berat.

"Saat ini, kami masih menunggu laporan dari tim reaksi cepat yang ada di wilayah masing-masing," kata Ahmad Riyadi.

Selain gedung dan taman budaya yang rusak, beberapa rumah milik warga rusak yakni di Semanu, Rongkop, Nglipar, Panggang yang rusak ringan dan parah.

Baca juga: Gempa DIY jadi alarm pengingat zona subduksi masih aktif

"Pendataan masih berlangsung. Tim akan melakukan penilaian tingkat kerusakan rumah milik warga," katanya.

Sementara itu di Kulon Progo, BPBD setempat mencatat ada 20 titik kerusakan yang tersebar di beberapa kecamatan/kapanewon.

"Berdasarkan data sementara yang masuk Pusdalops BPBD Kulon Progo ada 20 titik kerusakan. Data tersebut masih bisa berkembang karena belum semua informasi dan data masuk," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kulon Progo Joko Satyo Agus Nahrowi.

Ia mengatakan, gempa menyebabkan beberapa rumah warga retak dengan kerusakan ringan hingga berat. Adapun beberapa kecamatan yang terdapat bangunan rusak akibat gempa, yakni di Galur, Wates, Kalibawang, dan Panjatan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD laporkan Taman Budaya Gunungkidul rusak akibat gempa

Pewarta: Sutarmi

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023