Serang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno mengharapkan para alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan masukan pemikiran bagi kemajuan pembangunan di Provinsi Banten.

"Kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam upaya kita meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Banten, khususnya pada jenjang pendidikan SMA/SMK sesuai dengan tema kuliah umum," kata Rano Karno di Serang, Sabtu.

Rano Karno mengatakan hal itu saat menghadiri pelantikan Pengurus Keluarga Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Provinsi Banten oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Pengurus Pusat Kagama dan Kuliah Umum bertema "Wewujudkan Siswa dan Sekolah Bermutu Untuk Banten Lebih Maju" di Pendopo Gubernur Banten di Serang.

Gubernur Banten mengatakan berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 bahwa jenjang pendidikan menengah baik SMA maupun SMK menjadi kewenangan pemerintah provinsi. Sehingga dengan amanat UU tersebut, maka Pemprov Banten harus memberikan perhatian yang lebih fokus dan tanggung jawab yang besar terhadap kemajuan pendidikan SMA/SMK di Banten.

"Terkait dengan kewenangan tersebut, Pemerintah Provinsi Banten tentu akan lebih memperhatikan dan tanggung jawab penuh terhadap SMA/SMK yang ada di Banten," katanya.

Oleh karena itu, Rano berpesan kepada Kagama Provinsi Banten untuk bersama-sama memberikan kontribusi pemikiran dalam pembangunan Banten serta dapat menjadi pelopor dan penggerak pembangunan, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banten.

"Kami menunggu kontribusi pemikiran dan ide-ide dari anggota Kagama Banten, sebagai bagian dari masyarakat Banten, khususnya dalam memajukan pembangunan SDM di Banten," kata Rano Karno.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua PP Kagama "mewakafkan" para alumni Universitas Gadjah Mada kepada Provinsi Banten untuk dapat berperan dan memberikan kontribusi bagi pembangunan Provinsi Banten.

Hadir dalam kesempatan tersebut pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretaris Daerah Provinsi Banten dan para Kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016