Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menggencarkan pemeriksaan hewan kurban di 259 lapak pedagang jelang hari raya Idul Adha dengan mengecek berkas legalitas, bukti kesehatan asal daerah hingga pengecekan pada organ mulut dan kuku.

"Kita masifkan pemeriksaan kesehatan hewan kurban dan legalitas berkas penjualan di setiap lapak. Total ada 259 lapak pedagang," kata Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun di Tangerang, Kamis.

Selain pemeriksaan kesehatan hewan secara langsung, DKP Kota Tangerang juga menyediakan obat-obatan untuk hewan yang terdeteksi sakit, dan fasilitas ini dapat diterima secara gratis atau tanpa biaya.

Baca juga: Imbauan DKP Kota Tangerang bagi calon pembeli hewan kurban

Kepada para pedagang hewan kurban yang ada di Kota Tangerang, lanjut dia, jika hewan dagangannya ada indikasi mengalami gangguan kesehatan, maka segera menghubungi petugas kesehatan dari DKP Kota Tangerang. 

"Selanjutnya, petugas akan melakukan pemeriksaan langsung dan memberikan fasilitas obat-obatan sesuai yang dibutuhkan,” katanya menambahkan.

Ia pun menjelaskan, obat-obatan yang biasa dibutuhkan diantaranya vitamin, antiradang, dan antiparasit. Fasilitas ini dapat diambil secara gratis di Kantor DKP Kota Tangerang, di Gedung Cisadane, Jalan KS Tubun Nomor 1.

Misalnya diketahui hewan kurban seperti sapi terkena Lumpy Skin Disease (LSD) bisa melaporkan ke DKP dan pada momen Hari Raya Idul Adha ini akan diberikan obat gratis. 

"Kita akan berikan obat secara gratis kepada pedagang atau peternak, apabila mendapati hewan ternaknya terdampak penyakit ini," pungkas Muhdorun.

Sebagai informasi, ciri-ciri hewan yang terkena LSD di antaranya nampak pada kulit hewan seperti bisul yang kumpul. Penyakit LSD ini bisa disembuhkan dan tidak menular kepada manusia.

Baca juga: Pemkot Serang dan Distan Banten periksa kesehatan hewan kurban
Baca juga: DPKP Kabupaten Tangerang pastikan daging hewan kurban aman dikonsumsi

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023