Tim gabungan Dinas ketahanan pangan, pertanian dan perikanan Kota Serang dan Dinas Pertanian Provinsi Banten melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Lapak Hewan Kurban Cipocok Jaya Serang, Banten.

Kabid Pengendalian Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Banten Ari Mardiana di Serang, Rabu mengungkapkan pemeriksaan kesehatan hewan kurban dilakukan di tiga Kabupaten/Kota dengan menerjunkan 7 tim gabungan Provinsi dan Kota Serang.

"Target per hari 50 lapak, 7 lapak dilakukan oleh satu tim petugas kesehatan hewan," katanya.

Baca juga: Pemkot Serang periksa hewan kurban jelang Idul Adha

Ari mengatakan, setelah selesai melakukan pemeriksaan pada mulut, kuku, dan kulit hasilnya tidak ditemukan gejala penyakit PMK maupun LSD.

"Tidak ditemukan penyakit mulut dan kuku serta benjolan yang menempel di seluruh kulit sapi seperti cacar, kalaupun ada sariawan di mulut domba namun  masih bisa ditangani dan itu tidak masuk ke kategori PMK," katanya.

Ari menjelaskan penyakit PMK maupun LSD bukan penyakit Zoonosis atau menular pada manusia akan tetapi secara kerugian sangat tinggi.

Sementara itu Dokter Hewan Kota Serang Ratna Suryaningrum mengungkapkan pemeriksaan  bertujuan guna memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa ternak kurban yang akan di sembelih itu sehat dan layak untuk dikonsumsi.

"Setelah dilakukan pemeriksaan di temukan hewan kurban yang menderita Orf/penyakit keropeng atau sariawan pada kulit di sekitar bibir domba dan kambing sebanyak 5 ekor, 2 ekor pilek serta 1 ekor menderita sakit mata. Insya allah penyakit tersebut bukan penyakit yang menular kepada manusia dan terbilang aman," ungkapnya.

Ratna menjelaskan pemeriksaan  sengaja dilakukan saat mendekati hari raya Idul Adha supaya banyak lapak ternak yang siap jual sehingga pemeriksaan bisa merata di semua kecamatan di Kota Serang.

"Untuk pemeriksaan hewan kurban di tahun ini, kami menurunkan 7 tim dan mulai pemeriksaan dari hari ini hingga H-1 hari raya Idul Adha di bantu juga oleh tim dari Dinas Pertanian Provinsi Banten. Selain itu pemeriksaan kurban saat hari raya Idul Adha kami juga menurunkan 11 petugas, dibantu petugas teknik dari Pertanian Provinsi Banten dan juga Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia," katanya.

Baca juga: DPKP Kabupaten Tangerang pastikan daging hewan kurban aman dikonsumsi
Baca juga: Imbauan DKP Kota Tangerang bagi calon pembeli hewan kurban


 

Pewarta: Weli

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023