Di tengah membaiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih tinggi dari prakiraan semula, pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada Maret (Q1) 2023 tumbuh sebesar 4,68% (YoY) 1 , hal ini dipercaya mampu mendorong industri di Provinsi Banten begitu juga dengan PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (“Bank Banten/BEKS”) untuk dapat meningkatkan kinerja dan profitabilitas di tahun 2023.

Perekonomian Banten memiliki potensi yang besar, Pada tahun 2023 postur APBD akumulatif Provinsi bersama Kabupaten/Kota mencapai Rp40 triliun, dengan proyeksi pertumbuhan diharapkan mencapai 5,5% pada akhir 2024 mendatang. 

Potensi yang besar ini didukung oleh 2.579 perusahaan menengah besar yang beroperasi di Banten, belum lagi berkembangnya area urban baru seperti Balaraja, Maja, dan Cikupa.

Baca juga: Sukses Elektronifikasi Pajak Daerah, Bank Banten dan Bapenda Provinsi Banten Perpanjang Kerja Sama

Pada acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Public Expose Bank Banten yang digelar Rabu (21/6) di Ballroom Hotel Trembersi, Tangerang Selatan, Direktur Utama Bank Banten Muhammad Busthami menuturkan saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai langkah strategis melalui 4 (empat) strategi utama, yaitu Penguatan Permodalan,
Peningkatan Bisnis, Perbaikan Tata Kelola dan Transformasi Human Capital Jawara.

"Untuk meningkatkan performa bisnis secara berkelanjutkan, kami berfokus melakukan penguatan dari sisi kredit, operasional dan efisiensi biaya. Selain itu, kami juga terus meningkatkan daya saing baik dari sisi produk dan layanan berbasis teknologi serta pengembangan Human Capital," tutur Busthami.

Disamping itu, Pemerintah Provinsi Banten dan DPRD Provinsi Banten tengah menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Ekosistem Perekonomian Banten (EPD). Dengan adanya EPD, diharapkan dapat memberikan lebih banyak keleluasaan bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan pembangunan di Banten yang berdampak signifikan untuk optimalisasi PAD.

Dalam Public Expose tersebut, Manajemen Bank Banten memaparkan kinerja keuangan posisi di bulan Maret (Q1) 2023 dan posisi di bulan Mei 2023, yang menunjukan sejumlah pos – pos keuangan mengalami perbaikan dan peningkatan yang signifikan. Dari sisi pendapatan bunga bersih (NII), Perseroan mampu mencatatkan kenaikan sebesar Rp14,97 miliar atau 22% (MoM) per Mei 2023 dibandingkan posisi Mei 2022, kenaikan ini didukung dari penurunan biaya bunga sebesar 17% (MoM).

Efisiensi yang dicanangkan Manajemen Bank Banten sepanjang 2023 membuahkan hasil yang positif, hal ini tercermin dari penurunan biaya operasional lainnya sebesar 32% menjadi Rp25,25 miliar per Mei 2023 (MoM) dibandingkan posisi Mei 2022 sebesar Rp37,36 miliar. Biaya Umum dan Tenaga Kerja juga mengalami penurunan 42% dan 10%. Sehingga posisi Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) menyusut hingga 28% (MoM) menjadi sebesar 94% per Mei 2023 dari posisi Mei tahun lalu sebesar 122%.

Penyaluran kredit per Maret (Q1) 2023 mencapai Rp3,70 triliun, naik sebesar Rp166 miliar atau setara 4,70% (YoY) dari posisi Maret (Q1) 2022 senilai Rp3,53 triliun. Pertumbuhan kredit yang dilakukan dengan prinsip kehati-hatian juga terjaga kualitasnya, ditandai dengan penurunan rasio Non Performing Loan (NPL) Net menjadi 1,5% per Maret (Q1) 2023 dari posisi yang sama tahun lalu sebesar 3,2% seiring dengan penurunan NPL Gross di periode yang sama.

Berbagai langkah strategis untuk melakukan transformasi dilakukan oleh Perseroan untuk menghadirkan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Harapannya, Bank Banten bisa menjadi katalisator kebangkitan ekonomi di Provinsi Banten.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023