Pemerintah Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten mengerahkan sekitar 100 petugas untuk memeriksa kesehatan hewan kurban di wilayahnya menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Asep Jatnika di Tangerang, Minggu, mengatakan petugas pemeriksa kesehatan hewan akan diturunkan ke 418 lokasi penjualan hewan yang ada di 29 wilayah kecamatan.

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan dilaksanakan dari 20 sampai 28 Juni dan dilanjutkan dengan pemeriksaan penanganan hewan kurban di tempat pemotongan hewan kurban dengan target 876 titik.

Baca juga: 5.307 ternak di Tangerang sudah vaksin penyakit mulut dan kuku

Dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan hewan dan penanganan hewan di tempat penyembelihan dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang akan disembelih dalam keadaan sehat dan daging hewan yang disembelih aman untuk dikonsumsi.

Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah mengeluarkan surat edaran mengenai ketentuan tempat serta tata cara penyembelihan hewan kurban.

Selain itu, pemerintah daerah sebelumnya menjalankan upaya pencegahan penularan penyakit hewan, termasuk di antaranya melaksanakan vaksinasi pada sapi, kerbau, kambing, dan domba.

"Sudah berjalan. Tapi menjelang Idul Adha kita berhenti dulu," kata Asep, menambahkan, vaksinasi hewan akan dilanjutkan lagi setelah Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Baca juga: Pemerintah tetapkan Idul Adha jatuh pada 29 Juni

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023