Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten menyatakan bahwa kondisi Muhammad Fajri yang memiliki berat badan hampir 300 kilogram dalam keadaan kritis dan membutuhkan perawatan khusus.

Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinkes Kota Tangerang, dr. Suhendra di Tangerang, Sabtu, mengatakan berdasarkan informasi dari RSCM Jakarta Pusat pasien saat ini sedang menjalani perawatan di Ruang Isolasi Gedung A.

Penanganan sendiri dilakukan dokter spesialis bedah digestif dan vaskuler yang ditunjuk untuk menangani kasus kesehatan langka ini.

"Setelah kami melihat kondisinya, pasien bersangkutan masih dalam keadaan kritis dan belum ada perubahan yang signifikan selama satu pekan dirawat di sini," kata Suhendra.

Baca juga: RSUD Kota Tangerang rujuk anak berbobot 300 kilogram ke RSCM

Meski begitu, Tim Kedokteran RSCM Jakarta Pusat telah banyak melakukan pengobatan, perawatan, dan langkah-langkah penunjang untuk mencari solusi terbaik menangani Fajri.

Tim dokter yang menangani Fajri juga multi-disiplin keilmuan meliputi anestesiologi dan perawatan intensif, respirologi, endokrin-metabolik, gastro-enterologi, kardiologi, ilmu penyakit dalam, bedah digestif, bedah vaskuler, urologi, neurologi, psikiatri, dermatologi venerologi, rehabilitasi medik dan gizi klinik.

Sementara itu pihak Dinas Kesehatan Kota Tangerang juga telah menjenguk Muhammad Fajri di RSCM Jakarta Pusat, Jumat (17/6).

Tidak hanya sendiri, kunjungan tersebut juga diikuti perwakilan kelurahan, bahkan RT/RW untuk bersilaturahmi dengan RSCM Jakarta Pusat yang selama ini membantu banyak kebutuhan-kebutuhan.

Muhammad Fajri Rifana mengalami obesitas setelah sebelumnya mengalami kecelakaan. Saat itu ia mempunyai berat badan 150kg dan setelah kecelakaan berat badannya naik hampir menembus angka 300kg.

Baca juga: Tim dokter RSCM multi-disiplin dilibatkan dalam pulihkan pasien obesitas Fajri

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023