Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menginstruksikan seluruh pegawai untuk ikut menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai 73 sekolah dasar (SD) swasta di daerah itu yang menerima kebijakan gratis biaya pendidikan dari pemkot setempat.

"ASN Pemkot Tangerang harus mampu menyosialisasikan kepada masyarakat luas agar warga tidak memaksakan putra putrinya untuk bersekolah di sekolah negeri, namun bisa menyekolahkan anak-anaknya di sekolah swasta yang ada," kata dia di Tangerang, Banten, Selasa.

Baca juga: Wali kota Tangerang: O2SN ajang salurkan minat bakat siswa

Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SD di Kota Tangerang berlangsung secara daring selama 12-24 Juni 2023.

Ia menjelaskan pendidikan di Kota Tangerang, baik SD negeri maupun swasta, memiliki kualitas yang sama didukung kerja sama yang dilakukan Pemkot Tangerang.

"Namun yang memberikan perbedaan dari setiap anak adalah bagaimana keluarga dan lingkungan mampu menjadi pendukung yang baik untuk tumbuh kembang anak," ujarnya.

Informasi terkait dengan PPDB di daerah tersebut dapat diakses melalui laman ppdb.tangerangkota.go.id, sedangkan pendaftaran dapat dilakukan melalui laman ppdbmandiri.tangerangkota.go.id atau aplikasi PPDB Kota Tangerang yang dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore untuk Android dan IOS.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin menuturkan hari pertama PPDB dimulai dengan pendaftaran jalur afirmasi, anak berkebutuhan khusus (ABK), dan perpindahan orang tua atau wali murid, sedangkan pengumuman pendaftaran jalur tersebut akan diumumkan hari ini.

Ia mengatakan bahwa sama seperti tahun sebelumnya, PPDB dilaksanakan secara daring sehingga para orang tua murid tidak perlu datang ke sekolah. Seluruh proses pendaftaran, pengumuman, hingga daftar ulang dilakukan secara daring.

“Semua prosesnya memang dilakukan secara daring. Tetapi, ada juga secara luring yaitu untuk jalur ABK karena akan dilihat secara fisik dan kebutuhan lainnya seperti apa. Sekolah juga menyediakan panitia dan operator untuk membantu masyarakat, seperti membantu cek data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) untuk jalur Afirmasi di hari ini,” katanya.

Help Desk Dinas Pendidikan Kota Tangerang dapat dihubungi melalui nomor 0823-1169-9556, 0823-1169-9557, 0823-1169-9558, 0823-1169-9559, 0823-1169-9566 atau melalui email ppdb@tangerangkota.go.id dan media sosial instagram @disdiktangkot.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023