Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten tengah menargetkan pembangunan ruang kelas baru (RKB) di 100 sekolah jenjang dasar hingga menengah pertama yang ada di daerah itu.

"Sekolah rusak sudah kita data dan saat ini sudah dalam proses pendataan penyedia, lelang dan sebagainya. Mudah-mudahan di tahun ini kita rehab di 110 sekolah dan pembangunan ruang kelas baru di 100 sekolah yang ada," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Dadan Gandana di Tangerang, Jumat.

Baca juga: Truk Colt Diesel masuk sungai 15 meter di Tangerang

Menurutnya, dalam perbaikan sarana dan fasilitas pendidikan di ratusan sekolah itu meliputi pembangunan ruang kelas baru serta rehabilitasi unit sekolah.

"Jadi mudah-mudahan di ABT dan anggaran perubahan di tahun bisa ditambah lagi untuk program perbaikan ini," katanya

Dia menyebutkan, terkait ruang kelas yang rusak saat ini masih menjadi persoalan klasik yang tidak kunjung terselesaikan di Kabupaten Tangerang, tetapi dengan upaya percepatan yang dilakukan ini, sekolah-sekolah dapat diperbaiki secara bertahap.

"Untuk kondisi kerusakan, ada rusak ringan, sedang dan berat juga. Yang rusak berat mudah-mudahan di tahun ini sedang kita pengadaan penyediaannya," ujarnya.

Ia mengaku, sebagai langkah percepatan perbaikan dan pembangunan RKB sekolah itu, pihaknya bakal mengajak instansi lain dan swasta untuk bekerjasama dalam meningkatkan sarana prasarana pendidikan tersebut.

"Kami sekarang tidak hanya mengandalkan anggaran daerah. Kemarin kami sudah bekerja sama juga dengan Bank Jabar dan pihak lain pengembang yang sudah mulai aware memperbaiki sekolah-sekolah," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, untuk anggaran yang disiapkan dalam perbaikan dan pembangunan sekolah ini pihaknya belum bisa menyampaikan secara rinci karena masih dalam tahapan penyusunan.

"Kalau anggaran pendidikan saat ini Dindik mengelola Rp1,7 triliun, paling besar belanja gaji guru Rp1,2 T. Untuk tahun ini di APBD murni Rp100 miliar lebih untuk pembangunan, tapi angkanya ada di kantor," kata dia.*

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023