Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengajak masyarakat untuk memanfaatkan secara optimal Pos Gizi UPT Puskesmas Jurumudi Baru untuk mencegah dan menekan angka stunting.

Kepala UPT Puskesmas Jurumudi Baru drg. Muhammad Ilham di Tangerang, Selasa, mengatakan program di Pos Gizi UPT Jurumudi Baru nantinya berpengaruh besar terhadap hasil penanganan stunting, menciptakan budaya pola asuh yang lebih baik, serta menumbuhkan generasi baru yang sehat, cerdas, dan berkualitas.

Baca juga: Pemkot Tangerang tambah dua puskesmas baru untuk layani masyarakat

Pos gizi ini merupakan program rutin yang dilakukan secara teratur dalam beberapa bulan sekali. Pos Gizi UPT Puskesmas Jurumudi Baru akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama 14 hari ke depan.

“Kita akan melaksanakannya selama 14 hari ke depan. Hari ini kita kumpulkan dan lakukan di sini (UPT Puskesmas Jurumudi Baru, red.), ke depannya akan dilakukan di tiap posyandu yang ada di kelurahan masing-masing,” katanya.

Ia melanjutkan Pos Gizi UPT Puskesmas Jurumudi Baru juga akan diisi berbagai kegiatan yang dapat menunjang pola asuh yang baik dalam mencegah stunting, seperti pemeriksaan rutin, pemberian makanan sehat, konsultasi pola asuh, pembinaan terhadap orang tua/pengasuh, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan mencegah stunting agar tidak terus terjadi.

Ia mengatakan Pos Gizi UPT Puskesmas Jurumudi Baru akan dijalankan secara kolaborasi lintas sektoral, meliputi dinas-dinas lain yang terkait, kecamatan, kelurahan, PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), dan masyarakat secara langsung.

“Terkait prosesnya, kita punya tim gizi yang bertugas memverifikasi data anak/balita yang dinilai perlu mendapatkan program-program dari Pos Gizi UPT Puskesmas Jurumudi Baru ini ini. Untuk saat ini, masing-masing kita mengambilnya 10 dari tiap kelurahan, jadi sekitar ada 30 totalnya. Ke depannya akan terus ditambah dan ditingkatkan untuk menyasar masyarakat secara lebih luas lagi,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Benda Evi Boyke menuturkan Pos Gizi UPT Puskesmas Jurumudi Baru bertujuan agar masyarakat di daerah itu, terutama ibu-ibu yang mempunyai balita, dapat merawat dan mempunyai pola asuh yang lebih baik

"Ini juga untuk menumbuhkan anak-anak yang sehat serta cerdas,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023