Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyatakan bahwa Pancasila hingga kini mampu mempersatukan bangsa sehingga dapat melaksanakan pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap ke depan bangsa ini lebih maju dan kokoh persatuan bangsa,"kata Iti saat memperingati Hari Lahir Pancasila di Lebak,Kamis.

Baca juga: KPU Lebak jaring pemilih muda melalui "Goes to Campus/School"

Iti mengatakan ideologi Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni tersebut merupakan momentum untuk memperkuat dan memperkokoh persatuan juga kesatuan bangsa.

"Di mana bangsa Indonesia ini dengan memiliki keanekaragaman perbedaan suku, bahasa, budaya, agama dan sosial," ujarnya.

Namun, kata dia, di tengah perbedaan keanekaragaman itu hingga kini semakin kuat dan kokoh berkat ideologi Pancasila.
Menurut dia, selama ini Pancasila mampu untuk mempersatukan bangsa yang majemuk itu.

Oleh karena itu, kata Iti, pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia setiap tanggal 1 Juni.

"Kami meyakini Pancasila dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena hidup penuh kedamaian, kerukunan, toleransi juga saling menghormati dan menghargai," ujarnya.

Menurut dia, Indonesia dipastikan menjadi negara yang kuat dan disegani di dunia karena Ideologi Pancasila itu.

Oleh karena itu, kata Iiti, Pemerintah Kabupaten Lebak mengapresiasi masyarakat di daerah ini karena mereka melaksanakan pemahaman dan tindakan nyata untuk menjalani nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Buktinya, selama ini masyarakat Kabupaten Lebak belum pernah terjadi konflik sosial ataupun perpecahan karena berkat Pancasila itu dapat mempersatukanya," ujarnya.

Bahkan, kata dia, budaya kehidupan masyarakat lebih mencintai gotong royong untuk saling membantu sesama manusia, karena merupakan implementasi Pancasila.

"Kami minta masyarakat agar terus memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam pemahaman dan tindakan nyata, sehingga dapat membawa kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023