Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerja ke Kota Tangerang mencari referensi pengembangan command center, aplikasi-aplikasi pelayanan publik serta strategi publikasi, terkait ketertarikan pemkab setempat untuk mengadopsi aplikasi di daerah ini.

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Solihin di Tangerang, Selasa, menuturkan  kedatangannya untuk melihat langsung penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan kerja Pemerintah Kota Tangerang yang telah tervalidasi sebagai salah satu penyelenggara terbaik yang ada di Indonesia.

Baca juga: Pemkot Tangerang: SIMASN sudah diadopsi 20 instansi pemerintah di Indonesia

Ia melanjutkan, kunjungan kerja tersebut juga dilakukan untuk mempelajari berbagai terobosan yang selama ini dihasikan Diskominfo Kota Tangerang. Seperti, pengembangan super apps Tangerang LIVE, pengembangan Tangerang Satu Data dan Satu Peta, pengembangan E-GOV, digitalisasi pelayanan LAKSA, dan terobosan-terobosan lain yang terintegrasi dalam satu command center, yakni Tangerang LIVE Room.

“Banyak sekali masukan yang kami dapatkan, terlebih terkait pengembangan aplikasi, integrasi aplikasi, serta pengembangan satu data dan satu peta. Selain itu, kami juga sangat terkesan dengan keberadaan City Galery yang sangat menarik. Ini juga menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi kami semua,” ujarnya.

Selain itu, kunjungan kerja tersebut berhasil membuat kesan yang positif, terlebih mengenai tukar ilmu, pengalaman, dan kreativitas kebijakan yang tadi dilakukan. 

Setelahnya, kunjungan kerja tersebut diharapkan mampu mendorong motivasi, inspirasi, dan referensi bagi Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara untuk terus mengembangankan teknologi, digitalisasi, dan sistem integrasi pelayanan berbasis elektronik yang lebih baik lagi.

“Kesannya luar biasa. Nantinya, apa yang telah dihasilkan Diskominfo Kota Tangerang akan menjadi guideline (pedoman) dalam proses pengembangan yang akan dilakukan Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, kedepannya,” tambahnya.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti menyambut baik dan siap berkolaborasi dalam membantu rencana pengembangan yang ingin dilakukan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023