Parade kebudayaan nusantara yang ditampilkan oleh DPC PDI Perjuangan, Kabupaten Tangerang, Banten meramaikan proses pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu 2024 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada Kamis (11/05).

Ketua DPC PDIP Kabupaten Tangeranng, Irvansah Asmat di Tangerang, mengatakan bahwa dalam pendaftaran balaceg tersebut sedikitinya PDIP membawa massa sebanyak 1.000 orang untuk mengiringi bakal calon legislatif 2024.

"Alhamdulillah caleg yang didaftarkan sebanyak 55, dan telah dinyatakan memenuhi syarat. Dengan masa yang kurang lebih 1000 orang, kita konvoi berjalan pakai mendaftar ke KPU," katanya.

Ia menyampaikan, dalam proses pendaftaran ini para bacaleg dari PDIP secara serentak diwajibkan mengenakan pakaian adat daerah, mulai dari adat Betawi, Baduy, Dayak, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan beberapa pakaian adat Indonesia lainnya.

"Ke 55 bacaleg beserta simpatisan konvoi berjalan kaki dari DPC PDIP menuju kantor KPU Kabupaten Tangerang yang berada di Jalan Raya Pemda, Desa Matagara, Kecamatan Tigaraksa," ujarnya.

Ia mengungkapkan, bahwa tujuannya menampilkan parade kebudayaan oleh para bacaleg adalah untuk menggambarkan Kabupaten Tangerang sebagai daerah heterogen dan sekaligus menunjukan ideologi Pancasila yang dianut oleh Indonesia.

"Berbagai tarian dan adat budaya, seperti reog, palang pintu betawi, dan dan tarian adat lainnya. Kita ingin menunjukan bahwa Kabupaten Tangerang daerah yang heterogen, sekaligus menunjukan ideologi Indonesia," tandasnya.

Kemudian, dalam Pemilu 2024 ini ml PDIP optimis akan meraih 14 kursi DPRD Kabupaten Tangerang. Pasalnya, hal itu merupakan sebuah target dari DPP Pusat, yang ingin kembali meraih kemenangan secara tiga kali berturut-turut.

"Saat ini kita ada 8 kursi, target kita 14 kursi DPRD. Kita optimis akan kembali meraih kemenangan," kata dia.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Banten baru menerima tiga partai politik (parpol) yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk mengikuti Pemilu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) 2024.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Ali Zaenal Abidin mengatakan dari ketiga parpol yang telah mendaftar tersebut diantaranya adalah dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PDI Perjuangan dan Nasdem.

"Dari kemarin tanggal (10/05) ada satu partai politik yaitu PKS, dan sekarang ada dua parpol lagi yaitu PDIP dan Nasdem yang mengajukan pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk Pemilu 2024 ini," katanya.

Ia menyampaikan, untuk peserta Pemilu pada tahun 2024 di wilayahnya itu terdapat 18 parpol, dan dari jumlah tersebut hanya baru tiga parpol saja yang sudah mengajukan pendaftaran bacaleg tersebut.

Menurut dia, berdasarkan peraturan KPU nomor 10 tahun 2023 telah ditetapkan tahapan pengajuan pendaftaran bakal calon legislatif yaitu pada tanggal 1 Mei sampai dengan batas akhir pendaftaran hingga 14 Mei tepatnya pukul 23.00 WIB.

Kendati demikian, pihaknya pun mengingatkan agar para parpol yang akan berkompetisi di pemilihan umum nanti agar segera mendaftar ke KPU setempat.

"KPU sebagai penyelenggara sudah mengirim surat tertulis resmi kepada partai politik untuk bisa mendaftarkan atau mengusulkan bakal calonnya itu. Dan mudah-mudahan hingga batas akhir sampai tanggal 14 Mei ini semua partai sudah bisa mendaftarkan diri," ungkap dia.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023