Kapolda Banten Irjen Pol. Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengimbau para pemudik menyiapkan tiket sehari sebelum keberangkatan guna menghindari penumpukan antrean saat hendak menyeberang ke Sumatera.

“(Pemudik) harus siapkan tiket satu hari sebelumnya agar semua prosesnya berjalan lancar,” kata Irjen Pol. Rudy saat mengecek kesiapan penggunaan Pelabuhan Ciwandan di Cilegon, Provinsi Banten, untuk pelabuhan penyebarangan khusus bagi pemudik yang mengendarai sepeda motor menuju Sumatera, Kamis (13/4/2023) sore.

Selain mengecek Pelabuhan Ciwandan, Kapoda bersama Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Danrem 064 Maulana Yusuf Brigjen TNI Tatang Subarna, dan Wakapolda Brigjen Pol. M. Sabilul Alif juga berpatroli bersama untuk mengecek jalur mudik Lebaran tahun 2023, khususnya yang dilintasi pengendara sepeda motor dan angkutan barang yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. 

Di Pelabuhan Ciwandan, Kapolda mengecek kesiapan proses ticketing yang sudah baik. Meski demikian, dia mengimbau para pemudik agar benar-benar menyiapkan tiket penyeberangan sehari sebelum keberangkatan.

Kapolda juga mengimbau para pemudik yang menggunakan sepeda motor agar ekstra hati-hati, karena jalur yang dilalui menuju Pelabuhan Ciwandan bersamaan dengan jalur yang dilalui angkutan barang yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera.

Meski demikian, Kapolda memastikan personil Polri dibantu TNI dan Pemerintah Provinsi Banten akan berada di setiap perlintasan untuk menjaga keamanan pemudik hingga masuk ke kapal. “Personil dan anggarannya sudah disiapkan,” katanya. (TIM)

 

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023