Pemkot Tangerang bekerja sama dengan Forum Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) sedang mengembangkan gagasan agar Kota Tangerang menjadi Kota Pusat Pelatihan atau Learning City.

"Tujuannya adalah untuk menciptakan generasi yang siap kerja. Jadi ide awalnya itu adalah agar para siswa-siswi yang bersekolah di Kota Tangerang termasuk yang di perguruan tinggi mendapatkan pelatihan kerja dari LPK yang ada di Kota Tangerang ini," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Puspemkot Tangerang, Jumat.

Ia menegaskan Pemerintah Kota Tangerang terus berkomitmen untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan salah satu yang menjadi prioritas adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan berdaya saing.

Wali Kota Arief menambahkan, dirinya ingin agar SDM-SDM di Kota Tangerang terutama pelajar dapat memperoleh kemampuan serta keterampilan kerja sedini mungkin agar dapat memperbesar peluang untuk memperoleh pekerjaan setelah lulus dari sekolah.

Diharapkan nantinya setelah lulus mereka tidak hanya mengandalkan bekal ilmu pelajaran saja tetapi juga skill serta keterampilan yang spesifik yang dapat memperbesar peluangnya untuk diterima.

Contohnya adalah skill bahasa asing tentunya. Jika memiliki keterampilan bahasa tersebut, peluangnya akan jauh lebih besar untuk diterima bekerja di luar negeri daripada yang hanya menguasai satu bahasa saja.

"Selain itu juga agar LPK itu semuanya tersertifikasi dan terakreditasi." ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum LKP Kota Tangerang, Handito Joewono berharap kolaborasi ini nantinya dapat semakin memajukan Kota Tangerang menjadi kota yang unggul dan berdaya saing.

LKP merupakan mitra strategis Pemerintah Daerah dalam menciptakan SDM-SDM yang unggul tentunya kita berharap kerjasama ini dapat berjalan lancar.

"Sesuai dengan instruksi Pak Wali, juga nanti kita akan targetkan agar di tahun ini semua LPK-LPK di Kota Tangerang tersertifikasi dan terakreditasi sehingga sinergi ini dapat lebih optimal," katanya.*

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023