Pj Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan apresiasi atas upaya-upaya yang dilakukan Pemkot Tangerang dalam pembangunan dan perlindungan sosial terutama penanganan inflasi daerah.

"Termasuk harga-harga barang pokok menjelang lebaran ini, semoga juga dapat stabil, khususnya di Kota Tangerang ini, apalagi pak wali disebut-sebut sebagai ahli inflasi karena inflasi-nya selalu terendah," kata Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat peninjauan Hasil Pembangunan, Perlindungan dan Bantuan Sosial serta Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 di Panti Asuhan Yayasan Putra Asih Tangerang, Rabu 

Baca juga: Realisasi PBB Kota Tangerang triwulan I 2023 capai 469,47 persen

Ia juga berharap kebersamaan dan kegotongroyongan ini dapat terus terjalin sehingga kondusivitas dalam pembangunan dapat selalu terjaga.

"Alhamdulillah, kegiatan hari ini juga dalam rangka mengisi pembangunan di Kota Tangerang khususnya dan di Provinsi Banten," kata dia.

Perlu diketahui Kota Tangerang kembali terpilih sebagai "best practice" pengendalian inflasi di Indonesia oleh Kementerian Dalam Negeri dengan capaian terendah dibandingkan kota lain di Indonesia.

Pada kuartal pertama atau hingga bulan Maret tahun 2023, tingkat inflasi di Kota Tangerang year on year sebesar 3,75 persen yang juga menjadi kota dengan tingkat inflasi terendah di Indonesia. Lima komoditas penyumbang inflasi diantaranya bensin, sewa rumah, beras, tukang bukan mandor dan rokok  kretek filter. 

Berbagai program program yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang untuk menekan laju inflasi daerah hingga kuartal pertama tahun 2023 diantaranya pelaksanaan operasi pasar, gerakan menanam, sidak pasar untuk menjaga stabilitas harga, realisasi BTT, subsidi transportasi dan menjalin kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan. Hasilnya, Angka Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan Maret diangka 112,70," katanya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, menyampaikan apresiasinya kepada Pj Gubernur Banten atas kunjungan serta bantuan yang diberikan dan Pemkot Tangerang senantiasa mendukung dan mendorong berbagai upaya dalam mewujudkan kesejahteraan sosial khususnya di Kota Tangerang.

"Terima kasih atas kunjungannya dan selamat datang di Kota Tangerang Bapak Pj Gubernur beserta jajaran," kata Wali Kota.

Wali Kota menambahkan Pemkot Tangerang juga terus berkomitmen untuk terus membantu dan mendukung upaya-upaya pengentasan berbagai permasalahan sosial khususnya di bulan ramadan ini.

"Kami menggalakkan program gotong royong pengentasan masalah sosial guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat." imbuhnya.

Lebih lanjut, Wali Kota Arief juga menyapa para anak yatim piatu binaan Panti Asuhan Yayasan Putra Asih dan berpesan agar selalu rajin dan tekun dalam menggapai cita-cita.

"Alhamdulillah, Yayasan Putra Asih ini, sudah lama berdiri dan membina banyak anak-anak ya pak, bahkan lulusannya juga sudah banyak yang sukses. Semoga nantinya semakin banyak lagi yang sukses ya.

Makanya pesan saya kepada anak-anak adalah rajin belajar dan pantang menyerah dalam meraih cita-cita," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023