Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten melakukan kegiatan ram check terhadap kendaraan angkutan penumpang mudik lebaran yang digelar di Pool PO Putra KJU, Citra Raya, Tangerang pada Rabu (05/04).

Kepala Bidang Keselamatan, Sarana, dan Prasarana pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Surachman mengatakan, kegiatan ram check ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kelayakan operasional angkutan penumpang dan meningkatkan keselamatan penumpang khususnya menjelang libur mudik lebaran Tahun 2023.

"Kegiatan ini merupakan manifestasi keselamatan lalulintas dan angkutan jalan, yang pada kesempatan ini diprioritaskan untuk Angkutan Penumpang yang diperuntukkan Mudik Gratis, yaitu sejumlah 14 unit bus yang akan kami periksa kelayakan jalannya di PO. Putra KJU ini," katanya.

Ia menyebutkan, dalam kegiatan ini melibatkan beberapa unsur tim gabungan mengingat pengecekan yang dilakukan adalah mulai dari kesehatan pengemudi, surat kendaraan, hingga kondisi kendaraan bersangkutan.

"Adapun Hasil dari kegiatan ini, dari total tujuh bus yang diperiksa semuanya sudah memenuhi persyaratan dan laik jalan, masih ada beberapa poin catatan yang harus dilakukan perbaikan pada kendaraan namun tidak begitu signifikan seperti lampu LED dengan bersinar blinking yang sebaiknya tidak digunakan khawatir akan mengganggu pengemudi kendaraan lainnya," ujarnya.

Ia mengungkapkan dengan pengecekan yang dilakukan terhadap kendaraan angkutan mudik lebaran ini diharapkan bisa lebih aman dan keselamatan penumpang bisa terjamin.

Selain itu, pihaknya meminta kepada para pemilik PO untuk terus meningkatkan kualitas sarana prasarana kendaraan dan mempertahankan kelayakan kendaraanya.

"Untuk kendaraan yang dinyatakan tidak layak kami akan berikan teguran dan kami minta untuk tidak dioperasikan. Dan untuk kedepannya kami juga akan melakukan kegiatan rampchek khususnya pada hari hari besar dan tahun baru," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Putra KJU Puspa Prihatin Ningtias menambahkan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kegiatan ram check yang dilakukan Pemkab Tangerang.

Menurut dia, kegiatan ini perlu dilakukan mengingat aspek keselamatan awak bus dan penumpang harus diutamakan.

"Untuk unit yang mendapat beberapa catatan kami akan perbaiki semua mulai dari hari ini. Kami juga memiliki tim mekanik tersendiri yang sudah terpercaya dan sudah terverifikasi kemampuannya, jadi semua langsung di perbaiki," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023